Yoga Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa

Puasa sering menjadi alasan untuk rileks, tidak terkecuali untuk olahraga. Alasannya juga berbeda-beda, tetapi umumnya banyak orang malas berolahraga saat puasa karena takut kelelahan dan dehidrasi. Padahal, bahkan berolahraga saat puasa itu penting, lho!

Yoga Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa

Anda tidak harus melakukan latihan intensitas tinggi yang membuat Anda tanpa energi, tetapi cobalah untuk melakukan latihan ringan tetapi masih memiliki banyak manfaat ketika Anda melakukannya. Ya! Anda bisa melakukan yoga sambil berpuasa.

Yoga saat puasa

Sambil menunggu istirahat atau pagi hari setelah fajar, pose yoga berikut selama puasa berikut dapat menjadi panduan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ideal, dan segar selama puasa.

1. Pose kucing-sapi

Sebelum melakukan yoga saat puasa, siapkan matras yoga atau matras yang nyaman terlebih dahulu. Letakkan telapak tangan dan lutut Anda di atas kasur sebagai posisi merayap. Pastikan pergelangan tangan Anda berada tepat di bawah bahu Anda dan lutut Anda terbuka sejajar dengan pinggul Anda dan ujung jari kaki Anda menekan lantai. Kemudian tarik napas dan regangkan punggung Anda seperti sapi. Tahan selama 8 detik. Lalu buang napas dan bawa punggungmu seperti kucing. Tahan selama 8 detik. Ulangi serangkaian pose ini beberapa kali.

2. Putar kursi
duduk dengan pose memuta

Melakukan pose yoga sangat mudah. Cara duduk bersila di atas karpet. Begitu juga proses bernapas perlahan. Saat Anda mengeluarkan napas, putar tubuh ke kanan. Usahakan tangan kanan Anda menghadap ke belakang dan tangan kiri Anda menyentuh lutut. Tahan posisi ini selama 8 detik. Kemudian lakukan gerakan yang sama ke kiri. Rasakan ketika otot-otot kehidupan, lengan dan punggung terasa tertarik.

Gerakan yoga sederhana ini memiliki fungsi untuk membakar lemak di perut dan menjaga fungsi normal hati, ginjal, dan perut.

3. Anjing jatuh

Tempatkn diri Anda dalam kondisi panas. Kemudian tekan semua kaki dan kaki di lantai dan letakkan tangan Anda sedikit di depan bahu Anda. Pastikan tangan Anda sejajar langsung di bawah bahu Anda dan lutut Anda terbuka sejajar dengan pinggul Anda. Kemudian angkat bokong ke arah langit-langit dan dorong tumit ke tanah sampai membentuk huruf terbalik V. Jaga agar kepala Anda tetap rileks dan coba tahan posisi selama 1-3 menit.

Pose ini berfungsi untuk meregangkan otot-otot lengan, dada, kaki dan punggung.

4. Prajurit

Berdiri tegak, lalu mundur sekitar 3 langkah besar dengan kaki kiri. Kemudian tekuk kaki kanan untuk membentuk sudut 90 derajat sehingga posisinya tepat di atas pergelangan kaki. Angkat tangan di atas kepala dan turunkan tubuh bagian atas ke lantai. Pastikan jari Anda terbuka dan posisikan tampilan ke atas. Tahan posisi selama 30 detik pada 1 menit, ulangi mengganti kaki.

5. Prajurit dua

Bangkit dan rentangkan kaki sekitar 3-4 langkah, lalu lipat kaki kanan untuk membentuk sudut 90 derajat. Letakkan tangan Anda di pinggul dan rilekskan bahu Anda. Kemudian rentangkan tangan Anda ke samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Setelah itu, lihat tangan kanan Anda. Pertahankan pose ini selama 1 menit dan ulangi gerakan dengan mengubah kaki pada sisi yang berbeda.

Tanpa takut dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan, 5 gerakan yoga selama puasa yang telah dijelaskan di atas dapat dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jadi puasa bukanlah alasan untuk tidak bekerja dan tidak berolahraga, bukan? Karena jika Anda berolahraga secara teratur meski hanya dengan sedikit intensitas, manfaat puasa bagi kesehatan dapat dirasakan lebih optimal. Semoga berhasil!

baca juga :