Uji KIR Kendaraan Secara Online, Kenapa Tidak

Uji KIR Kendaraan Secara Online, Kenapa Tidak

Uji KIR Kendaraan Secara Online, Kenapa Tidak

Uji KIR Kendaraan Secara Online, Kenapa Tidak
Uji KIR Kendaraan Secara Online, Kenapa Tidak

Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah berinovasi di bidang perkembangan teknologi. Pelayanan masyarakat dipadukan dengan penggunaan aplikasi di layar HP para warganya. Inovasi itu yaitu berupa Aplikasi “Siap Uji KIR Online” di Dinas Perhubungan Kota Magelang.

Aplikasi itu merupakan upaya Pemerintah Kota Magelang untuk mewujudkan

pelayanan uji KIR menjadi lebih cepat, mudah, dan transparan. Pemerintah Kota Magelang melaunching sejak Januari 2017 lalu. Kini, berkat inovasi tersebut Kota Magelang masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2018.

Aplikasi Siap Uji KIR Online milik Dinas Perhubungan merupakan satu dari delapan proposal inovasi yang diajukan ke panitia KIPP Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). KIPP ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.

“Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam bidang pelayanan apa saja.

Nah, tahun ini Pemkot Magelang mengajukan delapan proposal untuk ikut dalam kompetisi tersebut, termasuk aplikasi Siap Uji KIR Online Dishub,” kata Kasubbag Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Bagian Organisasi Setda Kota Magelang Tatok Sulistyono.

Delapan proposal dari Kota Magelang tersebut bersaing dengan 2.824 proposal dari seluruh daerah di Indonesia. Setelah melalui seleksi, hanya satu proposal dari Kota Magelang yang lolos seleksi, hingga mengerucut ke jumlah 1.463.

“Jumlah itu diseleksi lagi hingga ke tahap TOP 99. Kota Magelang termasuk yang

lolos dalam TOP 99,” ungkapnya.

Nantinya, panitia masih akan melakukan seleksi untuk menentukan TOP 40. Namun demikian, untuk menuju tahap tersebut, akan dilakukan sejumlah tes. Diantaranya wawancara kepala daerah terkait dengan inovasi yang diajukan.

 

Baca Juga :