TUJUAN MASYARAKAT MADANI

TUJUAN MASYARAKAT MADANI

TUJUAN MASYARAKAT MADANI

TUJUAN MASYARAKAT MADANI

1. TERPENUHINYA KEBUTUHAN

Masyarakat madani merupakan konsep dimana masyarakat memiliki tujuan agar hidup lebih baik, salah satu tujuan masyarakat madani adalah terpenuhinya kebutuhan. Baik individu, keluarga, maupun kelompok atau organisasi.

Terpenuhinya kebutuhan merupakan tujuan utama dari masyarakat madani, dimana kehidupan harus bisa dilalui dengan lancar. Tidak ada lagi kesusan dalam mencari makanan maupun memenuhi kebutuhan lainnya tersebut.

2. BERKEMBANGNYA HUMAN CAPITAL

Human capital dan social capital merupakan kondisi dimana seseorang harus terpenuhi dalam modal manusia maupun modal sosial. Hal ini merujuk pada kemampuan manusia untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan serta terjalinnya hubungan sosial yang baik antar sesamanya.

Dengan terjalinnya hubungan yang baik antar individu maupun kelompok akan menyebabkan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga human capital dan social capital merupakan salah satu tujuan terciptanya masyarakat madani.

3. TIDAK ADA DISKRIMINASI

Diskriminasi merupakan suatu kejadian dimana pihak lemah akan selalu ditindas oleh pihak yang kuat, sehingga pihak kuat akan selali diuntungkan sedangkan pihak lemah akan selalu dirugikan. Tentu saja hal ini sangatlah tidak adil dalam kehidupan masyarakat tersebut.

Diskriminasi merupakan tujuan dari masyarakat madani yang wajib terpenuhi. Diskriminasi tersebut mencakup berbagai bidang yang berbeda mulai dari pembangunan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Hal itu haruslah seimbang dan tidak ada masyarakat yang tidak dapat menikmati sarana dan prasarana dalam kehidupan sosial dalam masyarakat.

4. ADANYA HAK INDIVIDU

Masyarakat madani juga memperjuangkan hak yang dimiliki oleh seseorang individu, dimana seseorang harus memiliki hak yang sama antara satu dengan lainnya. Hal ini berguna untuk bisa terlibat dalam segala hal, sehingga isu-isu kepentingan bersama dan kebijakan publik dapat dikembangkan dan di realisasikan secara nyata guna menunjang kehidupan sejahtera bagi seluruh rakyat.

Selain itu hak ini bisa menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga menciptakan masyarakat madani yang berkehidupan secara layak untuk setiap individu tanpa terkecuali.

5. PERSATUAN KELOMPOK

Dengan adanya masyarakat madani maka diharapkan bisa bersatunya antar kelompok, walaupun memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Masyarakat madani mengajarkan agar bisa saling menghargai satu sama lain dalam berbagai hal yang berbeda mulai dari pendapat, suku, bahasa, dan lain sebagainya.

Persatuan ini penting bagi setiap kelompok guna bisa membantu satu sama lain ketika sedang membutuhkan, dan juga bisa menciptakan persatuan dan kesatuan yang baik dan benar. Melihat di Indonesia masih sering terjadinya tawuran antar kelompok, tawuran antar suku, dan ragam perpecahan lainnya. Tujuan masyarakat madani disini merupakan hal yang sangat bermanfaat dan penting.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/

Author: ixa8f