Toyota Lampung Ulasan Toyota Super Kijang Cars

Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia sejak lama. Nah, salah satu mobil Toyota legendaris yang masih laris banyak dicari konsumen adalah Super Kijang. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1986 untuk menggantikan Kijang Kotak. Masa produksi mobil ini adalah sekitar 10 tahun, karena akhirnya Toyota harus menghentikan produksinya setelah meluncurkan Kijang Capsule pada tahun 1996.

Meski usianya sangat tua, namun Super Kijang tetap menjadi game bagi pecinta mobil bekas. Banyak orang membelinya karena memiliki mesin yang keras kepala dan mudah dirawat. Bahkan suku cadang Kijang Super berlimpah dan harga terjangkau. Hampir semua bengkel besar harus memiliki suku cadang Super Kijang, sehingga pengguna tidak perlu bingung jika terjadi kerusakan pada mesin, kaki atau bagian lain dari mobil.

Dapat dikatakan bahwa Super Kijang adalah kakek dari Toyota Kijang Innova. Dalam bahasa desain hampir sama. Namun mobil ini terlihat lebih klasik berdasarkan usianya dari 30 tahun. Bagi mereka yang tertarik membelinya, kami menyarankan Anda untuk membeli usia muda. Setidaknya tidak membeli Super Kijang di tahun 90-an sehingga kondisi mesinnya masih bagus dan terhindar dari kerusakan yang sering terjadi pada mobil-mobil tua.

Harga Rusa Super tergantung pada tahun produksi. Kita bisa mendapatkan mesin ini dengan harga yang setara dengan motor sport 150 cc, seperti Yamaha R15 atau Honda CBR150R. Karena kita bisa mendapatkan mobil bekas ini dengan harga mulai 20 juta. Tapi semakin muda mobil yang kita beli, semakin mahal harganya. Kondisi masing-masing mobil juga bervariasi, yang secara otomatis akan mempengaruhi harga jual. Dan spesifikasi dan fitur mobil bekas yang murah?

Ulasan Toyota Super Kijang Cars

1. Desain eksternal
Harga mobil Super Kijang
Bagi mereka yang suka mobil klasik, Super Kijang adalah pilihan terbaik. Desain eksterior mobil ini terlihat klasik dengan bentuk persegi yang tampak mewah dan elegan. Sesuai dengan bentuk tubuh, Super Kijang juga memiliki lampu persegi dan logo “Toyota” besar di tengah-tengah grid. Mobil ini juga memiliki jendela tinggi dan lebar, sehingga meningkatkan visibilitas pilot.

Jadi untuk pijakan kaki samping memudahkan akses masuk dan keluar penumpang dan pengendara. Jadi bagian belakang stop lamp yang dipasang pada kotak memiliki 3 lapisan warna, yaitu oranye, putih dan merah. Sekarang hal yang paling menarik dari belakang Super Cervo adalah memiliki pintu. Pintu ini berfungsi untuk mengakses bagian dalam dan luar pintu belakang dan memudahkan pengguna Super Kijang untuk memasukkan barang bawaan dari belakang.

2. Tampilan internal
Interior Kijang Super Interior yang besar adalah salah satu keunggulan Super Kijang. Mobil ini dapat menampung 8 hingga 9 penumpang sekaligus. Keunggulan ini tidak dapat dipisahkan dari konfigurasi kursi belakang tatap muka. Mungkin konfigurasi ini hanya tersedia pada beberapa jenis Super Kijang, jadi jangan heran jika Anda menemukan Super Kijang dengan konfigurasi tempat yang berbeda. Namun, kami percaya mereka semua memiliki kabin yang luas dan luas.

Dapat dikatakan bahwa ada 2 generasi Super Deer. Yang pertama dipasarkan dari tahun 1986 hingga 1992. Jadi Toyota merilis varian Facelift dari tahun 1992 hingga 1996. Kedua varian memiliki model dashboard yang berbeda. Sekarang untuk varian terakhir dilengkapi dengan kipas AC ganda yang membuat interior mobil ini lebih nyaman. Bahkan desain eksteriornya sedikit berubah, seperti lampu depan dan grille depan yang dibuat lebih modern.

3. Spesifikasi mesin
Penampilan luar rusa super
KIJANG SUPER KIJANG GRAND EXTRA
4 katup OHV 8 katup (5K) Mesin 4 silinder OHV 8 katup (7K)
Kapasitas 1.500cc 1.800cc
Tenaga 63 hp / 4.600 rpm 87 hp / 4.600 rpm
Torsi 115 Nm / 3.200 rpm 140 Nm / 2.800 rpm
Bore x stroke 80,5 mm x 73 mm 80,5 mm x 87,5 mm
Kompresi 9.0: 1 9.0: 1
Gearbox manual 4 Akselerasi manual 5 Akselerasi
Tahun produksi 1986-1992 1992-1996
Generasi kedua Super Kijang memiliki nama yang berbeda, Grand Extra Kijang. Keduanya menggunakan spesifikasi mesin yang berbeda. Alasan untuk generasi pertama yang dirilis dari 1986 hingga 1992 memiliki perpindahan 1.500 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi OHV 8 4 silinder sesuai dengan kode 5K. Tenaga yang disuplai adalah 63-68 hp dan dapat menghasilkan torsi puncak 115 Nm.

4. Manfaat Super Deer
Manfaat Super Kijang Mengingat usia mobil ini cukup lama, mungkin kinerjanya sudah menurun. Untuk mengatasinya, Masbro harus melakukan pemeriksaan menyeluruh. Jika terjadi kerusakan, Masbro harus menggantinya dengan suku cadang baru. Begitu pula dengan interior dan eksterior yang kami yakini tidak akan mulus 100%, kecuali jika mobil yang dibeli adalah mobil kolektor yang jarang digunakan.

Masbro dapat memilih antara Kijang Super atau Kijang Grand Extra. Keduanya memiliki penampilan yang berbeda, tetapi interior dan eksteriornya tidak jauh berbeda. Perpindahan yang lebih besar tentu saja membuat Kijang Grand Extra sedikit lebih mewah, tetapi kerugiannya sebanding dengan kinerjanya. Masih ada banyak keunggulan lain dari Super Kijang atau Kijang Grand Extra. Sekarang untuk mencari tahu secara lengkap, lihat di bawah.

Keuntungan pertama adalah memiliki tampilan klasik yang terlihat elegan. Bagi mereka yang suka perubahan, Super Kijang jelas merupakan pilihan yang paling tepat. Mesin ini akan menjadi lebih indah ketika Anda memiliki sentuhan modifikasi. Masbro dapat mengecat ulang tubuh dan mengubah tampilan internal agar lebih mewah.
Dalam hal harga penjualan mereka relatif stabil, jadi Anda tidak perlu bingung ketika ingin menjualnya lagi. Tetapi harga Super Cervo tergantung pada tahun produksi. Semakin muda usianya, jelas semakin mahal harganya
Selain stabil, harga Super Kijang juga relatif sangat murah. Alhasil, mobil ini sangat cocok untuk Masbro yang sedang mencari mobil yang paling banyak digunakan dengan harga 50 juta rupiah.
Seperti yang kami katakan di atas, Super Kijang memiliki konsumsi bahan bakar yang ekonomis. Mesinnya juga bandel dan memiliki kinerja reaktif saat mengatasi lereng atau tanah berat lainnya
Mesin responsif didukung oleh suku cadang yang berlimpah. Harga suku cadang Kijang Super juga murah, sehingga tidak perlu bingung ketika mesin atau bagian lain rusak.
Mobil ini masih menggunakan sistem pembakaran karburator, jadi perawatannya lebih sederhana dan tentu saja tidak mahal.
Ini memiliki kabin yang luas dan dapat menampung 7 hingga 9 penumpang
Akses ke penumpang di dalam dan di luar juga sangat sederhana, karena pintu penuh dengan sandaran kaki disediakan di bagian belakang
Toyota telah menyelesaikan fungsi AC Double Blower dan Power Steering.
Dibuat dengan badan tekan bebas damar wangi yang membuat tubuh lebih solid.
Baca juga: Harga Toyota C-HR Hybrid 2019: revisi spesifikasi dan interior terbaru

5. Kurangnya rusa super

Kekurangan dari Super Kijang Semua kendaraan harus kurang. Hal yang sama berlaku untuk Super Kijang atau Grand Extra Kijang. Juga, usianya sudah sangat tua, jadi jangan heran jika ada beberapa komponen yang rusak. Untungnya, harga onderdil mobil relatif murah dan mudah ditemukan di berbagai toko onderdil di Indonesia. Namun sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, konsultasikan terlebih dahulu kekurangan Super Kijang berikut ini.

Diketahui bahwa mobil ini memiliki tendangan yang cukup keras, sehingga mengurangi kenyamanan saat menikung
Meski mesinnya reaktif, tetapi putaran mesin relatif lemah. Mungkin ini karena Toyota mengoptimalkan putaran mesin di bawahnya yang terbukti mampu
menghasilkan torsi maksimum yang sangat besar dari 2.800 rpm hingga 3.200 rpm
Kerugian lain adalah suara mesin cukup berisik
Peredaman kabin juga sangat negatif. Namun kekurangan ini bisa dipahami, karena pada kenyataannya mesin ini sudah menua.
Mengingat usia Anda sudah cukup tua, jangan heran jika mobil ini memiliki banyak penyakit karena komponen yang telah dimakan usia.
Fungsi keamanannya sangat minim. Toyota hanya memasok sabuk pengaman di kursi depan, jadi jangan berharap mobil ini dari 1986 hingga 1996 memiliki kelas ABS, Airbag, dan berbagai fitur keselamatan.

6. Harga mobil Super Kijang
Harga mobil Super Kijang
Tahun harga produksi
Pada tahun 1986 Rp. 25-30 juta
Pada tahun 1987 Rp. 30-35 juta
Pada tahun 1988 Rp. 32-38 juta
Pada 1990 Rp. 35-40 juta
Pada tahun 1991 Rp. 37-50 juta
Harga murah adalah alasan utama untuk membeli mesin ini. Tetapi harga Super Kijang tergantung pada kondisi dan tahun produksi. Jika kondisinya masih mulus dan mesinnya sehat, jelas harga jualnya akan lebih mahal. Faktor lain adalah modifikasi pengguna. Semua ini akan mempengaruhi harga mobil ini, jadi jangan heran jika harganya bisa berbeda walaupun tahun produksinya sama. Sekarang untuk detail lebih lanjut,

Sumber : toyota lampung