Tips Mengemudi di jalan tol bagi pemula

Bagi pemula yang baru belajar mengemudi tetapi sudah cukup lancar, tentu saja, mereka berani mengendarai mobil mereka di jalanan. Belajar mengemudi saat Anda berhenti di trek, sudah belajar parkir, mungkin sekarang saatnya belajar bagaimana mengatasi mobil lain di depan Anda yang lambat.

Tips Mengemudi di jalan tol bagi pemula

Bagi mereka yang hanya tahu rute kota, di mana mobil atau kendaraan lain hanya berjalan dengan kecepatan rendah dan jalan yang cukup lebar, melampaui mobil di depan tentu bukan hal yang sulit. Tetapi bagaimana jika pemula bepergian keluar kota untuk pertama kalinya, dengan kondisi jalan hanya satu jalur dan ada kendaraan penumpang seperti angkutan umum, atau truk / pick-up dengan barang bawaan di depan kita yang biasanya hanya berjalan lambat.

Cara melampaui dalam keamanan jangan melewati luka
Mode overtaking aman tidak berhenti secara instan di level aliran

Karena itu diperlukan pengetahuan tentang cara melewati mobil-mobil lain di depan Anda bagi mereka yang baru belajar mengemudi. Prinsip di balik panduan ini adalah kesabaran dan perhitungan. Ketika Anda ingin mengatasi kedua hal ini, jika Anda tidak bisa melewatinya karena jalan masih ramai, tunggu dan tunggu. Saat mengemudi, kami berencana untuk menghormati pengguna jalan lain dengan tidak menggunakan hak-hak pengguna jalan lain, yaitu menyalip jalan yang berlawanan. Jangan bertindak seperti sopir bus AKAP (antar kota antar provinsi) yang terkadang ketika menyalip sebenarnya membutuhkan pengemudi lain dari arah yang berlawanan untuk menepi.

INI ADALAH SARAN BERIKUT ATAU CARA SALINAN UNTUK MOBIL AMAN LAIN BAGI PEMULA:
Teknik menyalip tipikal: sebelum menyalip kendaraan lain di depan, persingkat jarak dengan kendaraan sambil menurunkan posisi gigi. Tujuan menurunkan gigi adalah untuk meningkatkan kecepatan mesin sehingga akselerasi bisa lebih cepat. Namun sebelum memperpendek jarak dengan mobil di depan, pastikan Anda masih bisa melihat kondisi di depan mobil untuk lewat.

Menyalip harus dalam kondisi jalan kosong, jika jalurnya aman, jangan lupa nyalakan sinyal yang tepat untuk memberi sinyal pada pengemudi. Atau jika Anda merasa perlu untuk meredupkan dimmer depan untuk memberi sinyal mobil dari arah yang berlawanan.

Periksa titik buta di kaca spion dengan menggerakkan kepala Anda sedikit ke depan sambil melihat ke kaca spion mobil, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kondisi di sekitar belakang mobil aman.
Jangan melebihi posisi menikung, karena kendaraan dari arah yang berlawanan tidak dapat terlihat, sehingga ada risiko kecelakaan yang tinggi.
Jangan melebihi sistem jalan curam dengan garis tengah jalan yang tidak terputus.
Ketika Anda menyalip kendaraan lain dan ingin kembali ke rute semula, jangan belok kiri ke ekstrem, karena itu akan memotong jalur kendaraan lain yang sebelumnya dan yang sangat kasar (lihat foto di atas).

Memahami kemampuan akselerasi mobil Anda, misalnya jika mobil Anda adalah city car, jelas akselerasinya tidak sebagus sedan mesin besar yang membutuhkan jarak lebih dan waktu yang sedikit lebih lama dalam hal menyalip, walaupun bisa dalam hitungan detik. .

Perhatikan batas jalan sebagai panduan
Perhatikan batas jalan sebagai panduan

Agar lebih percaya diri dalam hal keselamatan saat Anda ingin menyalip mobil lain di depan, perhatikan saja garis pemisah di tengah jalan, jangan melebihi jika ada garis tengah jalan yang tidak terganggu. Lihat juga rambu-rambu jalan jika ada larangan menyalip, biasanya ditemukan di jalan berliku, Anda harus sabar menunggu sampai Anda menyeberang jalan lurus untuk menyalip mobil lain di depan.

CATATAN, harap dicatat:
– Hati-hati jika ingin berkeliling kendaraan besar seperti truk karena penonton akan kesulitan melihat kondisi di depan truk.
– Cara menyalip mobil secara otomatis, dengan menekan pedal gas secara tiba-tiba (menendang dwon) sehingga transmisi bisa turun satu tingkat.
– Hati-hati jika mobil yang Anda inginkan tiba-tiba melompati rem, mungkin ada sepeda motor atau seseorang melintas di depan Anda.

Sumber : rental mobil lampung