Tips Dan Cara Budidaya Tomat Dalam Pot Dengan Mudah

Tips Dan Cara Budidaya Tomat Dalam Pot Dengan Mudah

Tips Dan Cara Budidaya Tomat Dalam Pot Dengan MudahTips Dan Cara Budidaya Tomat Dalam Pot Dengan Mudah

Walaupun tomat itu berbentuk buah, namun tomat di klasifikasikan sebagai sayuran meskipun strukturnya lebih mirip buahTanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi atau berkisar antara 0-1500 meter diatas permukaan laut. Tentu saja hal ini juga bergantung pada varietas dari bibit pohon tomat itu sendiri. Tanaman tomat membutuhkan tanah yang gembur sebagai media tananmnya dan memiliki pH sekitar 5,5 – 7.

Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Pada alam liar, tanaman tomat berbentuk rumpun pohon dengan tinggi bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter. Namun berbeda dangan tanaman tomat yang dibudidayakan, tingginya tidak lebih dari 2 meter dan biasanya memerlukan tiang penyangga untuk menopang pohon agar tidak merunduk dan tertekuk karena menahan buahnya.

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik di berbagai media tanam seperti lahan terbuka, hidroponik maupun media tanam seperti pot dan polybag. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menguraikan tahapan bagaimana cara menanam tomat dalam pot atau polybag.

cara menanam tomat dalam pot

Panduan Memilih Tanaman Tomat
Secara umum, tomat dapat di bedakan dari bentuk buahnya. Dari klasifikasi tersebut tomat dapat di bagi menjadi 4 jenis :

1. Tomat Granola atau Tomat Buah, bentuknya bulat dengan permukaan yang rata.
2. Tomat gondol , berbentuk bulat biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan saos.
3. Tomat sayur, Teksturnya keras dan memiliki rasa yang asam.
4. Tomat Cherry, bentuknya kecil – kecil dan memiliki rasa manis asam.

Cara menanam tomat dalam polybag tidaklah begitu sulit. Langkah awalnya adalah dengan memilih tanaman tomat sesuai dengan varietas dan jenis tomat yang ingin Anda tanam. Sesuaikan lokasi dan kondisi tempat kita ingin membudidayakan tomat, terutama dari segi iklim dan ketinggian lokasi.

Bibit tomat bisa anda dapatkan dari buah tomat segar yang anda beli dipasar. Caranya, potong buah tomat dan keluarkan bijinya. Masukan semua biji tomat kedalam satu wadah dan isi wadah dengan air untuk menghilangkan sisa – sisa buah yang masih menempel pada biji. Tapis air lalu keringkan biji tomat menggunakan tisu dan jemur dibawah sinar matahari.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan benih unggul dari sumber yang terpercaya. biji tomat dari berbagai varietas dapat ditemukan di toko-toko pertanian. Biasanya informasi yang anda butuhkan tentang sifat-sifat tanaman dapat ditemukan pada setiap label pada kemasan benih.

Cara Pembibitan Tomat Dari Biji
Bagaimana cara menanam tomat dalam polybag? Tahapan pertama untuk melakukan proses pembibitan tomat dalam polybag yaitu, benih harus ditaburkan pada media pembibitan. Tahapan ini diperlukan agar benih yang tumbuh mendapat perawatan yang berbeda dengan bibit yang telah cukup besar.

Siapkan media pembibitan. Pilih lahan pembibitan di tempat yang terlindung dari hujan maupiun sinar matahari langsung. Suhu tanah untuk media pembibitan perlu di jaga agar suhunya berkisar antara 21-27 derajat Celcius. Jika suhu tanah mencapai suhu diatas 35C maka bibit kecambah akan membusuk dan mati. Biasanya benih tomat akan mulai bertunas pada hari ke 5 hingga hari ke 7 setelah ditanam.

Jarak tanam pembibitan tomat
Jarak Tanam Bibit Tomat
Bentuknya bisa berupa lahan pembibitan, rak pembibitan, atau polybag.
Untuk lahan pembibitan, buatlah baris berjajar pada lahan tanam dengan kedalaman 1 cm dengan jarak 5 cm setiap barisnya. Lalu tanam bibit tomat pada setiap baris dengan jarak 3 cm, kemudian timbun permukaan baris tersebut dan siram.

Untuk pembibitan menggunakan polybag, isi polybag dengan media untuk pembibitan.Jika tidak memiliki polybag gunakan kantong kertas ramah lingkungan. Kemudian tanam biji tomat kedalam media tanam dengan kedalaman 1 cm. Kemudian timbun dan siram. Setiap polybag cukup diisi satu biji saja.

Setelah bibit di tanam, lakukan penyiraman 2 kali sehari dengan perlahan. Hati – hati dalam menyiram, jangan sampai merusak bibit yang telah di tanam.

Tambahan pupuk dapat dilakukan setelah dua minggu dengan pupuk cair organik, kompos atau NPK. Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah penyiangan. Jangan biarkan gulma tumbuh di daerah pembibitan. Bibit tomat siap untuk dipindahkan dari polybag setelah 30 hari atau setidaknya sudah memiliki 5 helai daun.

RECENT POSTS

Author: ixa8f