Terbukti Ikut Demo, Sanksi Menanti

Terbukti Ikut Demo, Sanksi Menanti

Terbukti Ikut Demo, Sanksi Menanti

Terbukti Ikut Demo, Sanksi Menanti
Terbukti Ikut Demo, Sanksi Menanti

Sejumlah SMK di Kota Bekasi telah mengimbau siswanya untuk tidak mengikuti aksi unjuk rasa bersama pelajar lain di Jakarta. Jika masih ada siswa yang tetap ikut demontrasi, sanksi menanti mereka.

Kepala SMKN 8 Kota Bekasi Eden Hedi mengaku sudah mengumpulkan siswanya di halaman sekolah. Dalam kesempatan itu, siswa diimbau untuk tidak ikut-ikutan aksi demonstrasi. Menurutnya, imbauan tersebut penting diberikan agar siswa tak mengikuti kegiatan penyampaian pendapat yang kerap berakhir ricuh tersebut.

”Karena kita masih di lingkungan satuan pendidikan, jadi menurut saya penting diadakannya imbauan kepada siswa agar tidak mengikuti unjuk rasa tersebut,” ujar Eden kepada Radar Bekasi, Senin (30/9).

Ia mengatakan, apabila terlihat siswanya mengikuti unjuk rasa, maka akan

mendapatkan sanksi berupa surat pernyataan. Sementara, jika terbukti melakukan pelanggaran akan dikembalikan ke orang tuanya.

”Kita langsung akan memberikan surat pernyataan yang ditanda tangani siswa langsung di atas materai,” tukasnya.

Sementara Kepala SMK Bina Karya Mandiri II Ayung Sardi Dauly juga telah memberikan imbauan kepada siswanya. Disisi lain, kata dia, siswa juga berhak menyampaikan pendapatnya namun boleh anarkis.

”Sebenarnya boleh saja siswa menyuarakan pendapat, tapi tidak dengan aksi anarkis karena semua masyarakat berhak menyuarakan pendapatnya,” katanya.

Menurutnya, jika siswa membolos saat jam belajar untuk mengikuti aksi unjuk rasa maka akan mendapatkan sanksi. Namun di luar jam belajar, maka orang tua harus memperhatikan anaknya.

”Kita akan memproses siswa yang membolos di jam pelajaran apabila terbukti

melakukan aksi serupa. Namun jika diluar itu adalah tugas orang tua untuk mengawasi anaknya,” tukasnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika mengimbau, seluruh guru, pengawas, dan kepala sekolah untuk mengajak peserta didik agar tidak mudah terprovokasi oleh isu yang sedang ramai diberitakan.

Disdik Jabar juga telah menerbitkan nota dinas untuk memastikan seluruh siswa

mengikuti semua kegiatan belajar mengajar sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 9 Tahun 2019.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/