Tambah Wawasan Siswa, SMANDA dan ILUNI Adakan Career Day

Tambah Wawasan Siswa, SMANDA dan ILUNI Adakan Career Day

Tambah Wawasan Siswa, SMANDA dan ILUNI Adakan Career Day

Tambah Wawasan Siswa, SMANDA dan ILUNI Adakan Career Day
Tambah Wawasan Siswa, SMANDA dan ILUNI Adakan Career Day

SMA Negeri 2 Kota Bogor (SMANDA) bekerjasama dengan Alumni SMA Negeri 2 Bogor, menggelar kegiatan Career Day, Sabtu (12/01/2019). Event yang diikuti siswa kelas 10, 11 dan 12 ini diadakan untuk memberikan motivasi dan menambah wawasan para siswa terhadap profesi yang dicita-citakan.

Kepala SMAN 2 Bogor Atip Suherman menjelaskan, jika pada umumnya Career Day merupakan kegiatan yang menyelenggarakan pameran bursa kerja dan on campus recruitment. Acara ini biasanya diikuti perusahaan-perusahaan dari berbagai industri untuk para job seeker (pencari kerja).

Dari sisi pencari kerja, Career Day sangat mempermudah pencari kerja memperoleh berbagai informasi untuk meraih karier. “Kami coba dengan para alumni dulu, jadi sebelum memilih, anak-anak kami sudah punya gambaran dan dibimbing alumninya,” terang dia di ruangannya.

Menurut Atip, pendekatan yang dilakukan para alumni jauh berbeda dengan guru. Itu mengapa murid-murid lebih leluasa untuk bertanya dan lebih terbuka. “Kaya ke teman saja jadinya, mereka lebih open, kalau sama gurunya takutnya mereka canggung. Alhamdulillah respon mereka pun sangat bagus,” tutur Atip.

Atip melihat, kerjasama sekolah dan alumi ini adalah kolaborasi yang apik. Apalagi

para lulusan SMANDA juga banyak terjun ke berbagai profesi, di antaranya militer, pemerintahan, kedokteran dan banyak lagi.

“Ini peluang, jadi para murid terarah, tidak galau mau memilih cita-cita apa. Mereka berinteraksi dengan orang-orang yang berprofesi di bidangnya,” kata mantan Kepala SMAN 8 Kota Bogor itu.

Wakil Ketua Iluni Smanda Bogor, Rudy A Triyanto memaparkan, dengan kompetensinya, para alumni memaparkan bagaimana usaha mencapai karier dan bercerita berbagai pengalaman profesinya untuk memberi motivasi kepada 1.006 murid, yang masih duduk di kelas 10, 11 dan 12.

Meski sudah kedua kalinya program ini dilakukan, naamun kegiatan ini ternyata

dapat menarik minat seluruh siswa. “Respon anak-anak luar biasa loh, mereka banyak bertanya. Artinya mereka sebetulnya memang membutuhkan ini. Alhamdulillah ini yang kedua kalinya dilakukan. Kedepannya, kegiatan ini akan kami laksanakan setiap tahun,” urai Rudy.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, acara Career Day ini diharapkan dapat membuka

wawasan para siswa, sebagai bekal dalam memilih jurusan dan dalam proses pengembangan diri di kemudian hari.

“Dengan adanya Career Day di sekolah kita atas prakarsa para alumni, saya berharap anak-anak dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena jika sekolah kita yang sengaja mengundang para pakar di bidang ini, tentu sekolah kita tidak mampu untuk membayarnya, ” tandas dia.(mer/c)

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/