Stunting di Jatim Masih Tinggi, NI Lakukan Sinergi

Stunting di Jatim Masih Tinggi, NI Lakukan Sinergi

Stunting di Jatim Masih Tinggi, NI Lakukan Sinergi

Stunting di Jatim Masih Tinggi, NI Lakukan Sinergi
Stunting di Jatim Masih Tinggi, NI Lakukan Sinergi

Nutrition International (NI) organisasi global yang fokus pada intervensi gizi masyarakat bersama Dinas kesehatan provinsi Jawa Timur menggelar diskusi bertema “Penguatan Program Integrasi Zat Gizi Mikro” untuk meningkatkan komitmen dalam pencegahan dan penurunan Stunting.

Pertemuan yang dihadiri sekitar 180 orang dari 38 Dinas Kesehatan Kabupaten-

Kota di Jawa Timur, para peserta saling bertukar pembelajaran dan praktik baik untuk mencegah dan menurunkan angka stunting serta membahas pendekatan terbaik dalam mengintegrasikan program Zat Gizi Mikro.

Di tahun 2017, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meluncurkan inisiatif stunting nasional yang memberikan dukungan dan investasi yang telah ditargetkan dari sumber daya pemerintah untuk menangani stunting.
Dimana hal ini berlanjut menjadi “Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting” (2018-2024) yang juga mencakup intervensi prioritas, penerima manfaat prioritas, dan lokasi prioritas.

Dengan adanya dukungan dari pemerintahan Australia dan Kanada, Nutrition

International bekerjasama dengan pemerintahan Indonesia dalam ‘Integrasi Suplementasi Zat Gizi Mikro untuk Menurunkan Anemia Gizi Besi pada Ibu Hamil serta Kesakitan dan Kematian Balita’ atau program MITRA. Program yang sudah dimulai sejak 2016 ini diharapkan mampu meningkatkan status kesehatan dan gizi hampir 1 juta perempuan dan anak-anak di 10 kabupaten di Jawa Timur dan 10 kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Salah satu gerakannya adalah pemberian suplementasi tablet tambah darah bagi

ibu hamil untuk mengurangi anemia dan meningkatkan hasil kehamilan. Pemberian vitamin A kepada anak balita untuk melindungi mereka dari infeksi oportunistik dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh merek serta pemberian Zinc dan oralit untuk mengobati diare pada anak balita.

 

Sumber :

https://s.id/890f2