SEJARAH PENEMUAN JANGKA SORONG

SEJARAH PENEMUAN JANGKA SORONG

SEJARAH PENEMUAN JANGKA SORONG

SEJARAH PENEMUAN JANGKA SORONG

Sebenarnya penemuan jangka sorong ini

terjadi secara tidak sengaja di Italia. Penemuan jangka sorong ini dikenal dengan sebutan kejadian The Greek Giglio Wreck. Kejadian itu adalah dimana seorang penyelam menemukan sebuah perahu yang tenggelam di dasaran laut dangkal dan dalam perahu tersebut mereka menemukan alat yang mirip dengan jangka sorong.

Menurut sejarah perahu tersebut adalah perahu antara milik bangsa romawi atau yunani.Sedangkan dengan penemuan tersebut akhirnya jangka sorong mengalami kegunaan lintas benua ke negeri asia. Negara pertama yang di indikasi menggunakan jangka sorong adalah negara Cina.

Di Cina di indikasi penggunaan jangka sorong terjadi saat dinasti Han yaitu sekitar 202 sebelum masehi hingga 220 masehi. Jangka sorong yang ditemukan di Cina ini terbuat dari perunggu dan memiliki tanggal pembuatan nya. Kegunaan nya cukup berbedadengan zaman sekarang dimana jangka sorong pada saat itu di gunakan untuk ukur benda-benda saja.

Perkembangan jangka sorong terlihat kembali pada tahun 1600-an. Perkembangan jangka sorong ini terjadi di Oranan, Prancis. Pada saat itu ada seorang ilmuwan matematika dan ilmualam yangbernama Pierre Vernier. Vanier sendiri adalah penemuan dari satuan Vanier atau lebih dikenal dengan sebutan skala nonius dalam jangka sorong.

Setelah sepeninggal nya Vanier, skala nonius dikembangkan kembali pada awal tahun 19-an. Perkembangan ini dilakukan oleh seorang ilmuwan di Prancis. Pada awalnya perubahan skala Vanier menjadi sebutan skala nonius itu tetap, akan tetapi oleh Jerome Lalande akhirnya merubah nya kembali menjadi skala Vanier.

Setelah itu jangka sorong yang sekarang berkembang pada awalnya di produksi oleh Joseph R Brown, seorang ilmuwan Spanyol. Joseph R Brown memproduksi nya massal.

Setelah itu penggunaan jangka sorong digunakan untuk mempermudah pengukuran beda yang berukuran kecil saja. Untuk ukuran besar sendiri hingga sekarang bisa menggunakan meteran bangunan yang bisa mengukur ketinggian hingga dua meter.

Hingga sekarang perkembangan jangka sorong terbilang mengikuti zaman. Dimana sekarang sudah ada jangka sorong digital. Pada awalnya kita harus sangat teliti untuk meyakinkan ukuran nya, akan tetapi akhirnya dengan jangka sorong digital hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan. Berikut diatas adalah penjelasan singkat mengenai sejarah jangka sorong.


Sumber: https://periskop.co.id/sniper-war-apk/

Author: ixa8f