Penyiraman Dan Pemberian Pupuk Yang Tepat Untuk Pohon Semangka

Penyiraman Dan Pemberian Pupuk Yang Tepat Untuk Pohon Semangka

Penyiraman Dan Pemberian Pupuk Yang Tepat Untuk Pohon SemangkaPenyiraman Dan Pemberian Pupuk Yang Tepat Untuk Pohon Semangka

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang cara menanam pohon semangka dalam pot atau yang lebih dengan tabulampot semangka. Nah buat anda yang sedang memcoba membudidayakan pohon semangka jenis apapun tentunya menginginkan agar pohon semangka yang ditanam agar cepat bebuah dan juga mendapat hasil buah semangka yang banyak.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, tentunya diperlukan perawatan serta pemupukan yang tepat untuk pohon semangka. Berbicara masalah pemupukan untuk pohon semangka, pemupukan sebaiknya dilakukan dengan 2 tahap. Yaitu pemupukan awal serta pemupukan lanjutan untuk menghasilkan buah yang banyak.

Pemupukan awalan selanjutnya adalah pada saat bibit sudah mulai ditanam, biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk kimin. Metode pemupukan yang dapat dialakukan adalah dengan cara penyiraman. Untuk info lebih lengkap silahkan saksikan video cara pemupukan pertama pada pohon semangka berikut ini :

Pemupukan Awal Pada Pohon Semangka

Pemupukan awal pada pohon semangka sebaiknya dilakukan pada saat sebelum bibit ditanam pada media tanam. Ini dimaksudkan agar pada saat ditanam, bibit mendapat cukup nutrisi yang sudah terkandung didalam media tanam. Jenis pupuk yang yang diberikan adalah pupuk kandang dari kotoran hewan seperti kotoran sapi, kambing atau ayam. Kotoran yang digunakan sebagai pupuk sebainya dalah kotoran yang sudah “matang” ditandai dengan bau yang sudah hilang. Sebaiknya jangan gunakan pupuk kandang yang masih mentah.

Pupuk kandang yang masih mentah dan berbau memiliki suhu yang tinggi. Ini dapat menyebakan kerusakan pada akar tanaman bahkan dapat membuat bibit gagal tumbuh atau mati. Pupuk kandang yang diperlukan setiap tanaman semangka biasanya berkisar antara 1,5 kg untuk setiap batang pohonnya. Pemupukan awal dilakukan dengan cara mencampurkan pupuk kandang dengan media tanam secara merata baru di bentuk bedengan tempat tumbuhnya bibit.

Pemupukan Lanjutan Pada Pohon Semangka
Artikel terkait : Penyiraman Dan Pemberian Pupuk Yang Tepat Untuk Pohon Semangka

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas
Bingung memulai pertanian dengan lahan terbatas?. …

Peluang Budidaya Sayuran Dengan Sistem Hidroponik
Budidaya Sayuran Dengan Teknik HidroponikBudidaya …
Seletah melakukan pemupukan awal pada pohon semangka, selanjutnya adalah pembebrian pupuk lanjutan. Pemupukan lanjutan diberikan ketika pohon sudah cukup umur sekitar 4-5 minggu setelah masa tanam. Pemupukan ini dilakukan meliputi pemupukan akar serta pemupukan daun.

Pemupukan Akar Pohon Semangka
Pemupukan akar perlu dilakukan untuk memastikan pohon semangka mendapat nutrisi yang baik dan terserap melalui akar. Pemupukan akar umunya dilakukan 2 kali yaitu ketika berumur 4 minggu setelah ditanam dan 6 minggu setelah ditanam. Untuk memberika pupuk akar, dapat digunakan pupuk NPK dicampur KNO3 dengan perbandingan 2:1.

Pemupukan Daun Pohon Semangka
Pemupukan ini dimaksudkan untuk memberikan suplai unsur hara mikro yang tidak mampu diserap oleh akar. Pemupukan daun dilakukan dengan cara penyemprotan pada seluruh bagian daun. Pupuk daun yang bisa di berikan adalah Gandasil, Growmore dan Multimicro ditambah ZPT atonik. Untuk memastikan daun dapat meresap pupuk dapat diberikan perekat seperti Citowett. Hal ini juga untuk meastikan agar pemberian pupuk daut tidah terhambat dan dapat terserap dengan baik.

Sumber: https://menitpertama.id/tonggak-id-hadirkan-bank-data-masalah-di-indonesia/

Author: ixa8f