Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Identifikasi yang sistematik dan obyektif dalam mengumpulkan, mengkoleksi, menganalisis dan memutuskan berdasarkan suatu informasi untuk tujuan mengembangkan pembuatan keputusan dalam hubungannya dengan identifikasi dan penyelesaian masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan yang ada dalam pemasaran.


  • Peran Riset Pemasaran
  1. Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan (baru) yang laku jual.
  2. Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien.
  3. Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
  4. Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
  5. Merupakan sarana mendekatkan perusahaan dengan konsumen atau promosi secara halus.

  • Tiga Peran Fungsional Riset Pemasaran
  1. Fungsi deskriptif : pengumpulan dan penyajian pernyataan tentang fakta
  2. Fungsi diagnostik : penjelasan tentang data/tindakan
  3. Fungsi prediktif : spesifikasi tentang bagaimana menggunakan riset deskriptif dan diagnostik untuk memperkirakan hasil keputusan pemasaran yang direncanakan

Klasifikasi Riset Pemasaran

  • Riset Identifikasi Masalah

Membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak atau belum muncul ke permukaan, namun telah atau bakal terjadi di masa depan.

Riset Identifikasi masalah terdiri dari : riset potensi pasar, riset pangsa pasar, riset citra merk atau perusahaan, riset karakteristik pasar, riset analisis penjualan, riset peramalan bisnis, dan riset trend bisnis.

  • Riset pemecahan masalah

Digunakan dalam pembuatan keputusan untuk memecahkan masalah pemasaran spesifik. Riset pemecahan masalah meliputi : riset segmentasi, riset produk, riset penetapan harga, riset promosi, riset distribusi.


Sumber: https://susukefir.co.id/cut-the-rope-gold-apk/

Author: ixa8f