PENGERTIAN LEMBAGA KEUANGAN

PENGERTIAN LEMBAGA KEUANGAN

PENGERTIAN LEMBAGA KEUANGAN

PENGERTIAN LEMBAGA KEUANGAN

Lembaga Keuangan adalah

suatu badan usaha yang erat hubungan nya dengan suatu aset kepemilikan yang berupa aset fisik seperti uang, emas, dan lain-lain nya serta bisa berupa juga suatu tagihan atau obligasi. Lembaga keuangan ini sendiri adalah lembaga yang biasanya memberikan pelayanan terhadap bidang jasa.

Sedangkan menurut Prof.Dr.H. Veithzal Rivai lembaga keuangan sendiri adalah suatu lembaga yang usaha utama nya adalah pinjam meminjam kan uang yang akhirnya menimbulkan anggapan bahwa lembaga keuangan badan yang menjual uang. Sah tidaknya pendapat tersebut setiap individu berhak untuk berpendapat.

Sedangkan dari berbagai macam ahli mengkerucutkan Lembaga Pembiayaan itu sendiri Suatu lembaga yang pengoperasian nya setiap hari erat hubungan nya dengan keuangan, bisa berupaperantara dari suatu pihak yang memiliki uang lebih atau surplus keuangan kepada orang yang memiliki kekurangan.

Atau defisit keuangan yang memutarnya menjadi suatu badan usaha mikro ekonomi seperti sektor rumah tangga, sektor pemerintah, dan sektor swasta.

FUNGSI LEMBAGA KEUANGAN

Fungsi-fungsi lembaga keuangan sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi perantara untuk kemudahan antara penjualan atau pembelian dengan bentuk jasa keuangan. Hal ini bisa saja bertujuan agar transaksi jual beli bisa dengan mudah terjadi.
  2. Menjadi lembaga yang menampung dana dari beberapa pihak yang diharapkan bisa disalurkan kembali dalam bentuk pembiayaan bagi yang membutuhkan.
  3. Menjadi lembaga informasi bagi pengguna jasa keuangan yang tujuan nya untuk meraih suatu keuntungan di kemudian hari.
  4. Menjadi sebuah oenjamin bagi pengguna jasanya, biasanya  jaminan ini bisa dipertanggungjawab nya di mata hukum.
  5. Membuat likuiditas sehingga di kemudian hari dana tersebut dapat dipergunakan sesuai waktunya.

Fungsi Lembaga Keuangan dalam perekonomian

  1. Menjadi perantara apabila terjadinya transaksi dari pelaku-pelaku ekonomi atau lebih disebut dengan transmission role.
  2. Menjadi perantara dan informan bagi pelaku yang memiliki dan berlebih dengan pelaku yang kekurangan dana atau disebut intermediation role.
  3. Menjadi penjaga dan mencegah resiko yang berefek buruk bagi pemilik dana serta penabung.

Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/

Author: ixa8f