Pengertian Larutan Lugol Beserta Formla Pembuatanya

lugol

Pengertian Larutan lugol

Lugol iodine, juga dikenal sebagai Lugol, pertama kali dibuat pada tahun 1829, adalah larutan yodium dari unsur dan kalium iodida dalam air, dinamakan sesuai dokter Prancis J.G.A. Lugol. Larutan yodium Lugol sering digunakan sebagai antiseptik dan desinfektan, untuk desinfeksi darurat air minum, dan sebagai reagen untuk melacak pati di laboratorium rutin dan tes medis. Penggunaan ini dapat untuk solusi ini adalah sumber elemen bebas yodium yang efektif, yang mudah dihasilkan dengan mencapai keseimbangan antara molekul elemen yodium dan ion dalam larutan triodida.

Lugol telah digunakan lebih jarang untuk memenuhi kekurangan yodium. Namun, iodida kalium murni yang mengandung ion iodida relatif tidak berbahaya tanpa unsur yodium menjadi lebih beracun, sangat disukai untuk tujuan ini. Sebaliknya, Chernobyl banyak Lugol digunakan sebagai sumber darurat yodium untuk memblokir penangkapan yodium radioaktif, sederhana karena banyak tersedia sebagai air minum yang terkontaminasi, dan murni tanpa yodium iodida iodida (zat yang lebih disukai) tidak tersedia.

Formula dan Pembuatan

Solusi Lugol tersedia dalam 1%, 2% atau 5% dari potensi yodium yang berbeda. Solusi 5% terdiri dari 5% (m / v) yodium (I2) dan 10% (m / v) dari kalium iodida (KI) dicampur dalam air suling dan memiliki kandungan yodium total 126,5 mg / mL. Kalium iodida yodium mewakili unsur yang larut dalam air dengan pembentukan triiodide io I-3). Seharusnya tidak bingung dengan larutan larutan iodium, yang terdiri dari unsur-unsur iodin dan garam yodium yang dilarutkan dalam air dan alkohol. Larutan Lugol tidak mengandung alkohol.

Nama lain untuk larutan Lugol adalah I2KI (iodine-potassium iodide); Markodine, solusi kuat (sistemik); dan BCP mengencerkan larutan iodin.

Lugol diperoleh melalui counter apotek atau toko makanan kesehatan. Indikator ini, juga disebut pewarna, digunakan dalam berbagai bidang.

aplikasi

Seperti mordan

Sebagai mordan saat pewarnaan Gram dilakukan. Lugol digunakan dalam beberapa menit pertama setelah pewarnaan dengan cristal violet, tetapi sebelum etanol untuk memastikan bahwa peptidoglikan organisme gram positif tetap berwarna dan mudah untuk mengklik gram identifikasi positif di bawah mikroskop

Sumber : Https://rumus.co.id