PENGERTIAN INTEGRITAS NASIONAL

PENGERTIAN INTEGRITAS NASIONAL

PENGERTIAN INTEGRITAS NASIONAL

PENGERTIAN INTEGRITAS NASIONAL

Pendidikan merupakan

hal yang penting bagi setiap manusia, demi terbentuknya pola pikir yang rasional dan mampu bertoleransi dengan orang. Jadi pendidikan yang dimaksud tidak hanya mengenai IQ saja, melainkan mengenai EQ.

Pendidikan di Indonesia mewajibkan paling tidak harus selama 12 tahun. Pada saat mendulang pembelajaran selama 12 tahun ini, setiap murid akan diajarkan mengenai kewarganegaraan. Pendidikan ini akan menyinggung istilah Bhineka Tunggal Ika yang berasal dari bahasa Sansekerta.

Arti dari kata-kata tersebut adalah meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Istilah ini lebih tepatnya berasal dari kitab Sutasoma yang merupakan karangan dari Empu Tantular. Bahkan sejal jaman dahulu, pengetahuan mengenai pentingnya persatuan dengan berbagai perbedaan sudah diterapkan dari jaman dahulu.

Di jaman ini, istilah modern dari Bhineka Tunggal Ika disebut integritas nasional. Jadi pengertian dari istilah ini adalah tindakan dan proses untuk mempersatukan berbagai perbedaan yang terdapat dalam suatu negara. Tujuannya adalah terciptanya persatuan, keserasian, dan keselarasan untuk dapat melancarkan pembangunan negara.


Baca Juga :