Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

pengertian hukum

Definisi hukum

Apa yang dimaksud dengan hukum? Memahami hukum adalah sistem pengaturan di mana ada norma dan sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, dan mencegah kekacauan.

Ada juga yang mengatakan bahwa definisi hukum adalah aturan tertulis atau tidak tertulis atau ketentuan yang mengatur kehidupan sosial, dan ada sanksi / hukuman bagi mereka yang melanggarnya.

Keberadaan hukum bertujuan untuk melindungi setiap individu dari penyalahgunaan kekuasaan dan untuk menjamin keadilan. Dengan adanya hukum di suatu negara, setiap orang di negara itu memiliki hak untuk mendapatkan hukum dan pembelaan dari hukum yang berlaku.

Kita dapat mengenali hukum berdasarkan propertinya, yaitu:

  • Ada perintah / larangan yang bisa dan bisa dilakukan oleh seseorang dalam masyarakat.
  • Sifat mereka memaksa, yang berarti bahwa setiap individu harus mematuhi hukum yang berlaku tanpa kecuali.
  • Ada sanksi yang menghukum pihak yang melanggar hukum yang berlaku.

Pemahaman hukum menurut para ahli

Untuk pemahaman yang lebih baik tentang definisi hukum, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Prof. dr. Mochtar Kusumaatmadja
Menurut Prof. Dr. med. Mochtar Kusumaatmadja adalah istilah hak untuk memahami semua aturan dan prinsip yang relevan dengan penyatuan kehidupan sosial, yang tujuannya adalah untuk menjaga ketertiban yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan proses untuk merealisasikan aturan hukum masyarakat.

2. J.C.T. Simorangkir
Menurut J.C.T. Simorangkir, istilah hak harus dipahami sebagai aturan apa pun yang memaksa dan mengatur semua perilaku manusia dalam masyarakat yang dilakukan oleh badan yang berwenang.

3. S.M. Amin
Menurut S. M. Amin, konsep hukum adalah seperangkat norma dan sanksi yang bertujuan untuk menciptakan ketertiban dalam penyatuan orang-orang dalam suatu masyarakat sehingga ketertiban dan keamanan dipertahankan dan dipertahankan.

4. Plato
Menurut Plato, konsep hukum adalah seperangkat aturan yang tertata dengan baik dan tertib serta mengikat hakim dan masyarakat.

5. E. M. Meyers
Menurut E. M. Meyers, istilah hukum adalah seperangkat aturan yang berisi pertimbangan moral tentang perilaku manusia dalam masyarakat dan berfungsi sebagai referensi atau panduan bagi lembaga pemerintah dalam pelaksanaan tugasnya.

6. Prof. dr. Van Kan
Menurut Prof. Dr. med. Van Kan adalah istilah hukum aturan hidup wajib ketika datang untuk melindungi kepentingan manusia dalam masyarakat suatu negara.

Elemen hukum

Setiap hukum di dunia mengandung beberapa elemen. Beberapa elemen hukum adalah sebagai berikut:

1. Mengatur perilaku masyarakat
Seperti yang telah disebutkan, tujuan utama hukum adalah untuk mengatur perilaku seseorang dalam masyarakat. Artinya, setiap perilaku dalam interaksi manusia dalam masyarakat diatur oleh hukum.

2. Hukum yang dibuat oleh lembaga khusus
Hukum tidak bisa dikeluarkan oleh semua pihak, tetapi oleh organ atau lembaga yang berwenang melakukannya. Misalnya, KUHP negara, dalam hal ini diterapkan oleh legislatif.

3. Regulasi Paksa
Hukum adalah aturan yang ditegakkan. Oleh karena itu, setiap individu dalam masyarakat harus mengetahui hukum yang berlaku dan akan dikenakan sanksi jika ia melakukan kejahatan.

Misalnya, peraturan lalu lintas yang mengharuskan setiap pengemudi untuk memiliki SIM (SIM) sebelum mengemudi di jalan raya. Driver tanpa kartu SIM dikenai sanksi oleh pihak berwenang.

4. Sanksi / Sanksi untuk pelanggar
Hukum telah menjelaskan aturan dan sanksi yang dikenakan pada pelanggaran. Sejauh sanksi atau hukuman yang dijatuhkan pada masing-masing pelanggar, mereka akan disesuaikan dengan aturan hukum yang disepakati.

Sanksi ini dapat dikenakan dalam bentuk hukuman penjara, hukuman sosial dan bahkan hukuman mati. Misalnya, korupsi dijatuhi hukuman penjara setelah putusan pengadilan.

Sumber Referensi : https://ilmubelajar.com/

Baca Juga :