Pengertian hipotalamus Lengkap

Mungkin Anda merasa sangat aneh dengan kata hipotalamus, walaupun hipotalamus adalah salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia karena ia mengatur pertumbuhan dan mengatur orientasi seksual manusia. Hipotalamus adalah bagian otak yang berisi inti dengan berbagai fungsi. Salah satu fungsi terpenting hipotalamus adalah untuk menghubungkan sistem saraf dengan sistem endokrin melalui kelenjar hipofisis.

Pengertian hipotalamus


Hipotalamus terletak di bawah talamus di atas pangkal otak dan merupakan bagian dari sistem limbik. Hipotalamus bertanggung jawab atas beberapa proses metabolisme dan aktivitas lain dalam sistem saraf otonom dan menyatukan dan mengeluarkan hormon saraf tertentu. Hipotalamus mengendalikan suhu tubuh, rasa lapar, perilaku, haus, kelelahan, dan kantuk.

Artikel terkait otak:

fungsi otak kiri dan kanan
fungsi otak pada manusia
fungsi otak kanan
fungsi otak kiri
Struktur hipotalamus
hipotalamus Hipotalamus ditemukan dalam sistem saraf semua invertebrata. Pada mamalia, sel sekresi saraf dalam nukleus paraventrikular dan nukleus supraoptik dari hipotalamus menghasilkan hormon neurofisik, oksitosin dan vasopresin. Hormon-hormon ini dilepaskan ke dalam darah di otak kecil posterior.

Koneksi saraf

Hipotalamus memiliki hubungan dengan bagian lain dari sistem saraf utama, pangkal otak dan pembentukan retikuler. Sebagai bagian dari sistem limbik, hipotalamus memiliki koneksi dengan struktur limbik lainnya termasuk amigdala dan septum dan juga memiliki koneksi ke area sistem saraf otonom. Hipotalamus menerima banyak masukan dari dasar otak. Sebagian besar serabut saraf di hipotalamus bergerak ke dua arah (dua arah). Proyeksi daerah kaudal di hipotalamus melalui kumpulan mesencephalon, traktus mammilotegmental, dan fasciculus longitudinal dorsal.

Perkembangan hipotalamus

Dalam kehidupan neotanikal, steroid gonad memengaruhi perkembangan neuroendokrin hipotalamus. Segera, mereka menentukan kemampuan organ reproduksi wanita dan perilaku reproduksi wanita pria.

Pada primata, perkembangan androgen tidak begitu jelas dan konsekuensinya tidak begitu dipahami. Seiring dengan otak, testosteron mendapatkan aroma, yang merupakan hormon aktif untuk mengembangkan otak. Pada pria, testis mengeluarkan testosteron dalam jumlah besar dari anak-anak berusia 8 minggu hingga 5-6 bulan. Estrogen sirkulasi ibu tidak terlalu efektif, karena sirkulasi steroid yang tinggi.

Steroid seks bukan satu-satunya faktor yang memiliki pengaruh penting pada perkembangan hipotalamus, khususnya tekanan pubertas yang dapat menentukan kemampuan hipotalamus pada orang dewasa. Tidak seperti reseptor steroid gonad, reseptor glukokortikoid terbesar di seluruh otak, dalam inti paraventrikular, memediasi kontrol umpan balik negatif sintesis dan sekresi CRF, tetapi di lokasi lain peran mereka tidak diketahui.

Hormon berasal dari hipotalamus
Di hipotalamus, ada dua kelompok sel saraf yang menghasilkan hormon anti-diuretik dan oksitosin. Satu kelompok mengirimkan hormon ke lobus pituitari melalui batang otak untuk dikirim langsung ke aliran darah.

Hormon antidiuretik (ADH)
Hormon anti-diuretik atau ADH adalah molekul kecil yang dilepaskan oleh kelenjar hipofisis ke pusat otak setelah diproduksi oleh hipotalamus. ADH memiliki efek antidiuretik yang mencegah produksi buang air kecil yang berlebihan. Sindrom sekresi ADH yang seharusnya tidak menghambat kemampuan mengeluarkan urin cair, gangguan elektrolit, mual, muntah, kram dan vertigo. Sindrom ini dapat timbul karena komplikasi dari kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat dan lainnya. ADH juga dapat mensimulasikan kontraksi arteri dan kapiler. ADH juga dikenal sebagai vasopresin.

oksitosin

Oksitosin adalah hormon, neuropeptida, dan obat. Sebagai obat, oksitosin digunakan untuk menghasilkan kontraksi di dalam rahim untuk menghentikan pendarahan dengan menyuntikkan oksitosin ke dalam otot atau vena. Penggunaan oksitosin sebagai obat dapat menyebabkan kontraksi berlebihan di dalam rahim yang dapat menyebabkan kecacatan pada bayi yang belum lahir. Efek samping lain untuk wanita hamil adalah mual dan detak jantung yang lambat. Efek samping lain yang lebih serius adalah keracunan air yang ekstrem dan ruptur uterus. Reaksi alergi juga dapat terjadi. Jadi apa hubungan antara oksitosin dan hipotalamus?
Manusia memiliki oksitosin alami yang diproduksi oleh hipotalamus. Berperan dalam perilaku manusia dalam lingkungan sosial dan perilaku seksual pria dan wanita. Oksitosin dilepaskan ke dalam aliran darah dalam hormon-hormon sebagai respons terhadap serviks dan uterus membesar

Sumber : https://santinorice.com