Pengertian dan Definisi Revolusi

Pengertian dan Definisi Revolusi

Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi begitu cepat dan menyangkut landasan atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di didalam revolusi, perubahan yang terjadi mampu disengaja atau tanpa disengaja khususnya dahulu dan mampu dilakukan tanpa kekerasan atau lewat kekerasan. Ukuran kecepatan suatu perubahan sesungguhnya relatif dikarenakan revolusi pun mampu memakan saat lama. Revolusi ingin suatu usaha untuk merobohkan, menjebol, dan membangun berasal dari sistem lama kepada suatu sistem yang lebih baru. Revolusi selamanya perihal bersama dengan dialektika, logika, romantika, menjebol dan membangun.

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli
1. Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, Revolusi ialah usaha untuk mampu hidup cocok bersama dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.

2. Selo Soemardjan
Selo Soemardjan mengemukakan bahwa revolusi merupakan tiap-tiap perubahan didalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosial, juga nilai-nilai, sikap, dan pola tabiat di antara kelompok dunia tengah di masyarakat.

3. Schoorl
Menurut Schoorl Revolusi ialah penggantian cara tradisional mengolah bersama dengan cara yang ditampung didalam makna Revolusi Industri.

4. Wijoyo Nitisastro
Definisi Revolusi menurut Wijoyo Nitisastro merupakan sebuah sistem perpindahan keseluruhan berasal dari kehidupan tradisional berbarengan teknologi yang baik (pra-modern) didalam makna organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.

5. Soerjono Soekanto
Revolusi menurut Soerjono Soekanto yaitu bentuk perubahan sosial. Perencanaan umumnya memiliki tujuan untuk perubahan sosial (perubahan diarahkan) dan didasarkan (planning sosial).

6. Kingsley Davis
Kingsley Davis mengemukakan revolusi sebagai perubahan sosial yang terjadi didalam susunan dan kegunaan masyarakat.

7. Harold Rosenberg
Harold Rosenberg mendefinisikan Revolusi sebagai rutinitas baru yang mengacu pada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat-tempat umum properti pedesaan.

8. Astrid S. Susanto
Astrid S. Susanto menyatakan bahwa Revolusi merupakan sistem pembangunan yang beri tambahan peluang untuk perubahan demi kemajuan.

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/