Penelitian adalah

Penelitian adalah

Penelitian adalah

Penelitian adalah
Penelitian adalah

Penelitian adalah terjemahan dari bahasa inggris research.

Kata research sendiri berasal dari kata reyang berarti “kembali” dan to search yang berarti mencari. Jadi arti sebenarnya dari research adalah “mencari kembali”.

Pengertian menurut para ahli.

  1. Penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran yang juga merupakan pemikiran kritis (critical thinking). Penelitian ini meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesis tau jawaban sementara, membuat kesimpulan dan sekurang-kurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati untuk menentukan apakah ia cocok dengan hipotesis (Woody, 1927).
  1. Penelistian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antarfakta dan menhasilkan dalil atau hokum (John, 1949).
  1. Peneliatian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran, sehingga penelitian juga merupakan metode berpikir secara kritis (Whitney, 1960)
  1. Penelitian tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut (Hillway, 1956)
  1. Penelitian adalah pencarian sesuatu(inquiry)  secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan (Parson, 1946).

Dari beberapa pengertian penelitian

tersebut maka dapat disimpulkan “penelitian adalah sesuatu yang dilakukan untuk mencari tahu suatu masalah dengan memberlakukan masalah tersebut misalnya, memeriksa, mengusut, menelaah, dan mempelajarinya dengan cermat serta memformulasikan hipotesis sehingga diperoleh sesuatu untuk mencapai kebenaran dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki”.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan penelitian, diantaranya.

  1. Sistematis

Penelitian harus dilaksanakan sesuai dengan pola mulai dari yang sederhana sampai dengan yang paling kompleks sehingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.

  1. Terencana

Penelitian dilaksanakan dengan unsure kesengajaan dan telah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaan untuk penelitian

  1. Ilmiah

Penelitian itu harus mengikuti konsep ilmiah artinya mengikuti cara yang telah ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untuk memeproleh ilmu pengetahuan.

Secara umum penelitian mempunyai empat tujuan pokok, yaitu.

  1. Eksploratif

Suatu penelitian bertujuan menemukan hal pengetahuan yang baru dalam bidang ilmu tertentu

  1. Verifikatif

Suatu penelitian yang dilakukan untuk menguji kebenaran sesuatu (pengetahuan) dalam bidang yang telah ada

  1. Pengembangan

Melakukan pengembangan terhadap ilmu pengetahuan yang telah ada

  1. Tujuan penulisan untuk karya ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi.
  2. Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/