Pemerintah

Apa itu Pemerintah? Apa saja Fungsi dan Contohnya

Pemerintah adalah proses dimana pemerintah menjalankan kekuasaannya di banyak bidang (ekonomi, politik, administrasi dan lainnya) dalam mengelola berbagai urusan negara untuk kepentingan masyarakat. Bentuk pemerintahan konsisten dengan prinsip otonomi daerah luas. Bentuk pemerintahan adalah republik dan sistem pemerintahan adalah presiden.

Definisi pemerintah dalam arti sempit mencakup semua fungsi, kegiatan, tugas, dan tugas eksekutif untuk mencapai tujuan negara. Sedangkan istilah governance dalam arti luas mencakup semua kegiatan yang timbul dari independensi dan kedaulatan serta berdasarkan populasi atau populasi dan negara.

Pemerintah memahami para ahli

  • Suradinata, Mengenal Pemerintah adalah organisasi yang kuat di negara ini, termasuk masalah publik, wilayah dan kekuasaan untuk membantu mencapai tujuan negara.
  • Pemerintah Ndraha dan Pengertin adalah semua lembaga atau organisasi negara yang bertindak sebagai alat untuk mencapai tujuan mereka.
  • Robert Mac Iver, Memahami pemerintah adalah organisasi orang-orang kuat yang tahu cara mengikuti aturan.

Fungsi pemerintah

Pemerintah adalah bentuk kegiatan pengorganisasian dan melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan tata kelola sistem pemerintahan dan menetapkan pedoman untuk mencapai tujuan negara. Ini seperti apa yang kami katakan secara tertulis tentang pentingnya pemerintahan. Pemerintah memiliki beberapa peran dalam menjalankan tugasnya, yang oleh para ahli dan ahli dikatakan telah dijelaskan.

• Adam Smith (-1976), pemerintah suatu negara, memiliki sejumlah fungsi utama;

  1. Pertahankan keamanan dan pertahanan internal.
  2. Mempraktikkan keadilan.
  3. Pengiriman barang tidak disediakan oleh pihak swasta.

• Menurut Richard A. Musgrave, dibagi menjadi tiga fungsi dan tujuan kebijakan anggaran negara:

  1. Fungsi alokasi (Cabang yang dialokasikan), fungsi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan publik
  2. Fungsi distribusi (cabang distribusi) berdasarkan pertimbangan efek sosial ekonomi; yaitu dengan mempertimbangkan distribusi kekayaan dan pendapatan, peluang pendidikan, mobilitas sosial, struktur pasar. Berbagai warga dengan talenta berbeda, termasuk fungsi peran.
  3. Fungsi stabilitas (stabilitas cabang), fungsi yang terkait dengan upaya untuk menjaga stabilitas dan pedoman yang ada. Fungsi ini untuk menjaga stabilitas ekonomi negara (stabilitas ekonomi).

Bentuk pemerintahan dan misi di Indonesia

• Dewan Penasihat Rakyat (MPR)

Sistem presidensial memungkinkan keberadaan lembaga nasional representatif sebagai tujuan klaim “Kedaulatan ada di tangan rakyat”. Oleh karena itu, organisasi perwakilan mengadopsi sistem dua kamar.

Dewan Penasihat Rakyat (MPR) terdiri dari sejumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yang terpilih dalam pemilihan umum dan akan ditekan untuk sisi hukum. Tugas dan wewenang MPR didasarkan pada Pasal 3, 7 dan 8 Konstitusi dan UU No. 22 tahun 2003 sebagai berikut:

  1. Mengubah dan memberlakukan hukum dasar.
  2. Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.
  3. Memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden proposal DVR berdasarkan
  4. keputusan Mahkamah Konstitusi.
  5. Instruksikan wakil presiden untuk menjadi presiden jika presiden meninggal, berhenti, dilepaskan, atau tidak dapat menjalankan tugasnya.
  6. Pilih ketua dan wakil presiden jika keduanya berhenti.
  7. Menetapkan kode etik dan etika MPR.

Baca Juga :

Author: ixa8f