Pemeliharaan Kesehatan Ibu Hamil

Pemeliharaan Kesehatan Ibu Hamil

  1. Memperhatikan Nutrisi Gizi Ibu Hamil

Nutrisi yang sehat dan bergizi bagi seorang ibu hamil adalah hal yang pertama menjadi perhatian kita. Karena pasokan gizi yang baik dan sehat akan sangat berpengaruh kepada ibu hamil sendiri dan juga kesehatan sang janin. Kita harus bisa mengupayakan konsumsi ibu selalu bisa memenuhi kriteris empat sehat lima sempurna serta juga gizi yang seimbang.

Karena hal ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah kematian ibu hamil yang disebabkan karena adanya anemia, atau pun perdarahan pasca melahirkan.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Ibu Hamil

Lingkungan akan sangat berpengaruh dalam hal kesehatan termasuk juga dalam masa kehamilan ini. Lingkungan yang kurang sehat akan bisa menjadi sarang berbagai macam bakteri serta virus yang bisa menjadi salah satu penyebab infeksi komplikasi. Untuk itu memilih tempat pelayanan kesehatan pada saat melahirkan juga perlu menjadi perhatian bagi sang ayah ketika akan menentukan tempat bersalin istrinya nanti.

  1. Mengenali Tanda Bahaya Kehamilan dan Persalinan.
  2. Melakukan Vaksinasi Dalam Masa Kehamilan.

Para calon pengantin hal ini juga dilakukan karena merupakan salah satu syarat untuk membuat surat pengajuan pernikahan bagi para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Dan vaksinasi ini adalah vaksinasi tetanus. Dan vaksinasi itu juga diteruskan pada saat kehamilan. Manfaat imunisasi khususnya imunisasi ibu hamil ini adalah melindungi dari terinfeksi penyakit yang mematikan dan juga infeksi yang bisa memberikan pengaruh buruk pada ibu dan janin.

  1. Pemeriksaan Kesehatan Kehamilan Secara Rutin.

Tujuan pemeriksaan ibu hamil adalah untuk bisa mengawasi pada saat-saat proses kehamilan berlangsung sampai dengan masa persalinannya nanti. Dan juga mendeteksi secara lebih awal kemungkinan buruk yang bisa terjadi selama proses tersebut berjalan sehingga dengan adanya deteksi awal ini akan bisa dilakukan pengobatan dan perawatan yang tepat dari tim kesehatan yang ada.

Peran Bidan dalam upaya Promotif dan Preventif dalam mencegah dan mendeteksi atau skrining penyakit pada ibu sedini mungkin.

PROGRAM KESEHATAN DAN UPAYA-UPAYA UNTUK MENURUNKAN MORBIDITAS-MORTALITAS MENINGKATKAN KUALITAS TUMBUH KEMBANG DAN PERLINDUNGAN ANAK

  1. Program-Program Kesehatan
  1. Memeriksa kesehatan Ibu Hamil (ANC)

Pemeriksaan kehamilan sangatlah penting pada ibu hamil karena pada saat sering terjadi anemia, kekurangan gizi dan lain-lain.

Akibat yang terjadi dari adanya komplikasi-komplikasi dapat dikurangi dengan diberikannya perawatan perinatal yang baik. Tetapi kondisi sosial ibu dan kehamilannya ini memang sedemikan rupa sehingga kunjungan pada perawatan perinatal seringkali dilupakan terlambat dengan tidak teratur.

Perlunya pemberian pendidikan tentang gizi, asupan tablet zat besi/vitamin. Komplikasi selama kehamilan. Peranannya adalah mengkaji memberitahu faktor-faktor resiko, mendeteksi dan menagani komplikasi.

Mengamati Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Balita

Masalah gizi masih cukup rawan dibeberapa Indonesia.

Ruang Lingkup Kegiatan

  1. Memantau pertunbuhan anak melalui penimbangan anak secara rutin setiap bulan dipuskesmas atau posyandu

Indikator keberhasilan pemantauan status gizi balita ditulis di KMS.

  1. Memberikan penyuluhan gizi kepada masyarakat
  2. Pembentukan Makanan Tambahan (PMT).
  3. Pemberian vitamin A, tablet zat besi untuk hamil, susu
  4. Pemberian obat cacing untuk anak yang kurang gizi

Sumber: http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/07/kinemaster-
pro-apk/

Author: ixa8f