Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional

Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional

Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional

Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional
Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional

Dalam rangka mewujudkan visi Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam kualitas pembelajaran, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional, Yayasan Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan kembali menggelar kegiatan workshop Penguatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran.

Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan (2) Workshop di KPS Balikpapan Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan (4)
Kegiatan workshop berlangsung selama dua hari. tanggal 28-29 Oktober 2011, bertempat di Meeting Room SMP Nasional KPS (hari pertama) dan di Hotel Mirama Balikpapan (hari kedua), dengan menghadirkan 2 (dua) orang pemateri, Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., Dosen FPMIPA Biologi Universitas Negeri Malang yang mengupas tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan saya sendiri diminta untuk menyajikan materi tentang Pembelajaran Aktif. Kegiatan ini diikuti seluruh guru TK, SD dan SMP Nasional KPS, perwakilan guru dari SD dan SMP Patra Darma 2 dan SD dan SMP IT Istiqamah.

Sebelum penyajian materi berlangsung, terlebih dahulu saya berusaha menggali berbagai informasi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penyajian materi saya,– melalui kontak email dengan Manajer Yayasan, Bapak Rawuh Rudiatmoko, M.Pd., wawancara singkat dengan beberapa orang guru, pengamatan langsung dan melihat beberapa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berdasarkan “studi pendahuluan” yang saya lakukan, saya berkesimpulan bahwa aroma pembelajaran aktif di sekolah sebenarnya sudah terasa sangat kental, tetapi mungkin kawan-kawan di KPS Nasional menginginkan lebih dari itu, sehingga meminta saya untuk memfasilitasi lebih jauh tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran aktif.

Pada saat penyajian berlangsung, baik pada hari pertama maupun hari kedua, saya bersama-sama para peserta mendiskusikan tentang berbagai kemungkinan penerapan pembelajaran aktif di sekolah. Peserta pun tampak enthusias mengikuti jalannya diskusi. Diskusi berjalan sangat kooperatif dan menyenangkan, banyak pemikiran dan gagasan yang muncul dari kawan-kawan peserta terkait dengan implementasi pembelajaran aktif di sekolah.

Tentu saya berharap, semoga apa yang telah didiskusikan ini dapat semakin memantapkan kawan-kawan di KPS Nasional untuk terus mengembangkan pembelajaran aktif di sekolah, guna kepentingan masa depan anak-anak kita dalam menggapai masa depan yang lebih baik, sehingga kelak mereka bisa tampil menjadi generasi penerus yang cerdas intelektual, cerdas emosional, cerdas kinestetik, cerdas sosial dan cerdas-cerdas lainnya.

Selama dua hari berada di Balikpapan telah menjadi bagian yang terindah dalam hidup saya, untuk itu melalui kesempatan ini saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar KPS Nasional, khususnya kepada Manajer Yayasan, Bapak Rawuh Rudiatmoko, M.Pd. yang telah berusaha gigih untuk bisa menghadirkan saya di Balikpapan.

Baca Juga :