PELOPOR MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

PELOPOR MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

PELOPOR MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

PELOPOR MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

1. ORGANISASI KEMASYARAKATAN

Masyarakat madani merupakan suatu aspek kehidupan yang baik dan benar, tentu saja masyarakat madani tidak bisa terbentuk begitu saja. Banyak yang harus ikut serta dalam mendirikan masyarakat madani, salah satu pelopor munculnya masyarakat madani adalah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk oleh sejumlah orang yang peduli terhadap kehidupan masyarakat.

Organisasi-organisasi inilah yang menjadi pelopor atau wadah aspirasi masyarakat dalam menyuarakan pendapat serta haknya, sehingga masyarakat memiliki keinginan untuk berubah menjadi masyarakat yang lebih baik lagi.

2. ADANYA PERS

Pers merupakan komponen yang sangat penting dalam memunculkan masyarakat madani. Dengan adanya pers dapat membuat suara dari kelompok maupun organisasi kemasyarakatan dapat tersalurkan dengan baik sehingga dapat didengar oleh orang maupun kelompok lain yang ada di luar sana.

Pers juga berfungsi untuk menyalurkan informasi secara transparan tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Pers bertugas untuk mempublikasikan hasil kebijakan dan juga bisa mengkritisi keadaan sosial yang ada dalam lingkup suatu negara.

3. SUPREMASI HUKUM

Supremasi hukum menjadi pelopor penegak munculnya masyarakat madani, dimana supremasi berguna untuk menyetarakan derajat semua masyarakat di mata hukum. Tidak ada perbedaan di mata hukum, baik golongan atas maupun golongan bawah harus taat terhadap hukum yang berlaku di suatu negara.

Supremasi hukum ini juga berguna untuk menghindarkan warga dari penindasan dengan cara memberi jaminan dan perlindungan secara hukum.

4. PERGURUAN TINGGI

Perguruan tinggi merupakan pelopor berikutmya yang ikut ambil dalam menegakkan masyarakat madani. Di zaman sekarang aktivis kampus seperti dosen maupun mahasiswa sudah sangat peduli terhadap kondisi sosial yang ada, banyak gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mengkritisi kebijakan dari pemerintah.

Tak hanya itu aktivis kampus juga menjadi wadah dimana aspirasi masyarakat bisa disuarakan dan didengar oleh pemerintah. Selain itu aktivis kampus juga bisa menemukan gagasan maupun ide yang berguna untuk menuntaskan problematika yang sedang dihadapi oleh masyarakat maupun pemerintah negara.

5. FAKTOR POLITIK

Politik merupakan pelopor terakhir bagi tegaknya suatu masyarakat madani. Politik ini ada untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam memilih seorang pemimpin yang sesuai dengan prinsip-prinsip tegaknya sebuah masyarakat madani.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/

Author: ixa8f