Nilai UN SMP Jeblok, Kabalitbang: InshaAllah Hasilnya Jauh Lebih Murni

Nilai UN SMP Jeblok, Kabalitbang InshaAllah Hasilnya Jauh Lebih Murni

Nilai UN SMP Jeblok, Kabalitbang: InshaAllah Hasilnya Jauh Lebih Murni

Nilai UN SMP Jeblok, Kabalitbang InshaAllah Hasilnya Jauh Lebih Murni
Nilai UN SMP Jeblok, Kabalitbang InshaAllah Hasilnya Jauh Lebih Murni

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyerahkan hasil ujian nasional siswa Sekolah Menangah Pertama atau sederajat (UN SMP/Sederajat) 2018 kepada dinas pendidikan kabupaten/kota. Hasilnya, saat ini mayoritas pelajar mengalami penurunan nilai.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Totok Suprayitno, pada pelaksanaan UN tahun lalu, para siswa baik berasal dari negeri dan swasta mendapatkan rata-rata nilai sebesar 55,51 poin. Tahun ini, para siswa hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 52,96 poin.

Meski demikian, Totok tak mempermasalahkan penurunan nilai tersebut. Baginya,

dengan peralihan sistem pengerjaan soal dari ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) ke UNBK, maka hasil yang ditunjukan oleh para siswa justru semakin terpercaya.

Di samping itu, dia mengatkan nilai ini bisa menjadi alat deteksi awal adanya kelemahan di dalam suatu sistem pembelajaran. Salah satunya adalah meminimalkan distorsi yang disebabkan oleh praktik-praktik kecurangan dalam ujian.

“Kami harapkan makin terkoreksi ini makin kredibel, untuk dilakukan pengambilan keputusan analisis dan diagnosa dalam proses perbaikan-perbaikan belajar,” kata Totok dalam paparannya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (28/5).

Hasil yang makin terpercaya ini juga sejalan dengan indeks integritas sekolah.

Sekolah yang menyelenggarakan UNBK, indeks integritasnya meningkat 0,33 poin.

“Ketika makin naik, distorsi makin terkurangi. Hasil UNBK insha Allah jauh lebih murni, UNBK naik tetapi prestasi turun yang dalam tanda petik, saya lebih sreg menyebutnya ‘terkoreksi’,” pungkasnya.

Sebagai informasi, UNBK SMP/Sederajat 2018 diikuti oleh sebanyak 1.977.027 atau

sekitar 61,36 persen dari total peserta didik. UNBK SMP/Sederajat tahun lalu hanya diikuti oleh sebanyak 1.136.739 peserta didik.

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/kata-penghubung/