Model Pembelajaran Prosa

Model Pembelajaran Prosa

Model Pembelajaran Prosa

Model Pembelajaran Prosa

Sama halnya dengan model pembelajaran puisi, model pembelajaran prosa juga bertujuan untuk mempermudah siswa mengembangkan ide-idenya. Berikut ini beberapa contoh model pembelajaran prosa.
a.    Menceritakan Pengalaman
Pengalaman yang diceritakan dapat berupa pengalaman sehari-hari atau pengalaman yang mereka alami ketika berwisata, bermain, dan lain-lain. Guru memberikan panduan kepada siswa sebagai berikut.
“anak-anak conba ceritakan pengalamanmu ketika menemani ibu berbelanja di pasar. Mungkin kamu bertemu dengan teman sekelasmu, mungkin kamu melihat bermacam-macam sayuran, mungkin kamu merasa panas dan lelah karena berjalan, atau mungkin kamu merasa senang karena ibu membelikan sesuatu. Coba tuliskan ceritamu itu pada selembar kertas.
b.    Menceritakan Mimpi
Model menulis cerpen ini yaitu dengan menceritakan mimpinya sendiri-sendiri. Masing-masing anak pernah bermimpi sehinggga diharapkan model penulisan ini dapat dengan mudah dilakukan oleh siswa. guru perlu memberikan arahan sebelum menulis, bahwa cerita mimpi itu dapat ditambah atau dikurangi supaya lebih menarik dan lebih jelas ceritanya.
c.    Menceritakan Gambar
Model pembelajaran ini yakni dengan menggunakan bebrapa gambar yang menunjukan suatu kronologis urutan peristiwa. Misalkan guru menyajikan empat buah gambar. Dari setiap gamabr tersebut diharapkan siswa dapat menuliskan paling sedikit dua kalimat untuk disambung dengan gambar berikutnya untuk menjadi suatu cerita.

sumber :

DRAGON QUEST III 1.0.6 Apk + Mod (Unlimited Money) for android

Author: ixa8f