Metode Ilmu Pengetahuan

 Metode Ilmu Pengetahuan

1)        Induksi-Deduksi

  1. a)Induksi

Yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan bertitik tolak dari pengamatan atas hal-hal atau masalah yang bersifat khusus, kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum.

  1. b)Deduksi

Yaitu suatu cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan bertitik tolak dari pengamatan atas hal-hal atau masalah yang bersifat umum, kemudian menarik kesimpulan yang bersifat khusus.

2)        Analisis-Sintesis

  1. a)Analisis

Yaitu suatu cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan mengadakan pemerincian terhadap objek yang diteliti.

  1. b)Sintesis

Yaitu suatu cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan cara mengumpulkan atau menggabungkan.

3)        Kualitatif-Kuantitatif

  1. a)Kualitatif

Suatu prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atu lisan dari orang-orang dan perilaku yang di amati.

  1. b)Kuantitatif

Metode yang melibatkan pengukuran tingkatan suatu ciri tertentu.

  1. Struktur Metode Ilmiah

1)        Proses kegiatan ilmiah dimulai ketika kita tertarik pada sesuatu hal. Ketertarikan ini karena manusia memiliki sifat perhatian. Pada saat kita tertarik pada sesuatu, sering timbul pertanyaan dalam pikiran kita.

2)        Perumusan masalah merupakan langkah untuk mengetahui masalah yang akan dipecahkan sehingga masalah tersebut menjadi jelas batasan, kedudukan, dan alternatif cara untuk memecahkan masalah tersebut.

3)        Pembuatan kerangka berfikir merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan antar berbagai faktor yang berkaitan dengan objek dan dapat menjawab permasalahan.

4)        Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap suatu permasalahan. Penyusunan hipotesis dapat berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan oleh orang lain.

5)        Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara menganalisis data. Data dapat diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya melalui percobaan atau eksperimen.

6)        Penarikan kesimpulan merupakan penilaian apakah sebuah hipotesis yang diajukan itu ditolak atau diterima.

Baca Juga :

https://belantaraindonesia.org/insomnia-3-apk/

 

Author: ixa8f