MENGENALI DAN MEMBENTUK KARAKTER ANAK

MENGENALI DAN MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Sebagai orangtua, kita pasti saja sangat hendak mengenali jati diri atau karakter anak anda sedini mungkin. Akan namun sebenarnya jati diri anak bukanlah urusan yang tidak dapat berubah dan bakal terus berkembang hingga dewasa. Kepribadian anak yang tampak semasa bayi bisa berubah atau bertahan seiring berjalannya waktu. Meskipun terdapat bagian dari karakter anak yang adalahbawaan semenjak lahir, tetapi ada sejumlah hal yang memprovokasi perkembangan karakter anak:

Relasi
Relasi orangtua dengan anak memiliki akibat besar pada anak dikomparasikan dengan pengasuh lainnya. Di samping itu, Orangtua pun dapat berperan dalam menolong anak membina relasi yang positif dengan orang-orang di sekitarnya laksana relasi dengan adik, kakak, kakek, nenek, rekan dan beda sebagainya

Pendidikan
Pendidikan pun mempunyai peran besar dalam menyusun karakter anak. Oleh sebab itu, saat memilih sekolah simaklah lah value dari sekolah itu apakah cocok dengan value yang diharapkan oleh orangtua. Misalnya andai orangtua mempunyai value bersosialisasi carilah sekolah yang mengutamakan pekerjaan sosial dan kerja sama tim.

Lingkungan
Lingkungan lokasi anak tinggal pun mempengaruhi karakternya. Jika lingkungan sekitarnya terdapat tidak sedikit anak-anak dan memiliki kemudahan yang menyokong anak bermain laksana taman pasti akan membantu keterampilan sosial anak.

Pengalaman Masa Kecil
Pengalaman anak semenjak bayi sampai remaja pun mempunyai pengaruh dalam membentuk jati diri anak dan kesudahannya akan memprovokasi perilaku dan pilihan-pilihannya. Anak yang mempunyai pengalaman tidak sedikit dipuji saat mencoba menolong pekerjaan lokasi tinggal tangga meskipun kian berantakan pasti saja akan bertolak belakang dengan anak yang tidak diberi peluang membantu di rumah.

Dengan mengenali dan mengembangkan karakter anak saya dan anda bisa mengenali bagaimana teknik ia berinteraksi dengan orang lain, bagaimana ia menuntaskan masalah, bagaimana ia mengorganisir gagasan dan pikirannya, dan apa-apa saja yang bisa memotivasi dan unik minatnya.

Sumber : https://www.tuugo.fr/Redirect?nextPage=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id