Mempersingkat footnotes

Mempersingkat footnotes

Mempersingkat footnotes

Mempersingkat footnotes

           Footnotes atau catatan kaki tak usah selalu ditulis selengkapnya. Kalau suatu sumber telah pernah disebut dengan lengkap, yakni pada pertama kalinya, maka footnotes itu selanjutnya dapat dipersingkat dengan mempergunakan singkatan: ibid., Op. Cit, dan Loc. Cit.

1)      Pemakaian Ibid

      Ibid, kependekan dari ibidem, = “pada tempat yang sama” dipakai apabila suatu kutipan diambil dari sumber yang sama dengan yang langsung mendahuluinya, dengan tidak disela oleh sumber lain. Dalam hal ini boleh dipakai ibid, walaupun di antara kedua kutipan itu terdapat beberapa halaman.

Ibid tidak boleh dipakai, kalau diantara sumber itu terdapat sumber yang lain. Dalam hal ini dipakai Op. Cit., dan Loc. Cit.,

2)      Pemakaian Op. Cit.

      Op. Cit. kependekan dari Opere Citato artinya “dalam karangan yang telah disebut”, dipakai untuk menunjuk kepada suatu buku yang disebut sebelumnya dengan lengkap pada halaman lain dan telah diselingi oleh sumber-sumber lain.

      Jadi yang dicantumkan nama pengarang, Op. Cit., (diberi bergaris) dan nomor halaman. Kalau dari seorang pengarang telah disebut dua macam buku atau lebih, maka harus ditambahkan nama buku utuk menghindari kekeliruan.

3)      Pemakaian Loc. Cit

      Loc. Cit, kependekan dari Loco Citato artinya “pada tempat yang telah disebut” digunakan kalau kita menunjuk kepada halaman yang sama dari suatu sumber yang telah disebut. Jadi yang dicantumkan; nama akhir pengarang, Loc. Cit, (diberi bergaris). Nomor halaman yang perlu diberikan, sebab dengan sendirinya sama dengan halaman dalam buku yang telah disebut sebelumnya.

sumber :

Dark Parables : The Swan Princess v1.0 Apk

Author: ixa8f