Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Dipercaya bahwa tidur siang menyimpan banyak manfaat, terutama manfaat kesehatan. Namun sayangnya, kerapatan aktivitas seringkali tidak membuat Anda sempat untuk tidur siang.

Tidak heran banyak orang sering tertidur di jalan atau di meja, meskipun hanya sebentar. Namun, tidur siang juga menghemat banyak manfaat

1. Tidur selama 10-20 detik

Saat mengantuk datang, tanpa disadari banyak orang membungkuk dan tertidur selama 10-20 detik. Jenis tidur siang ini disebut sebagai tidur siang nano. Sayangnya, manfaat dari jenis tidur ini tidak diketahui.

2. Tidur 2-5 menit

Tidur 2-5 menit diyakini mampu mengembalikan energi lebih banyak. Jenis tidur yang disebut tidur siang mikro ini juga dapat mengusir kantuk.

3. Tidur 5-20 menit

Kewaspadaan, ketahanan dan pembelajaran motorik akan meningkat setelah tidur siang. Namun, untuk mendapatkan segalanya, pastikan Anda memiliki 5-20 menit tidur.

4. Tidur 20-50 menit

Kabarnya, tidur selama 20-50 menit adalah waktu yang tepat untuk tidur di antara tidur mikro dan mini. Karena jenis tidur ini dapat meningkatkan memori otot dan menghilangkan ingatan buruk yang akan membantu ingatan jangka panjang.

5. Tidur 50-90 menit

Jika Anda memiliki waktu luang, pastikan untuk tidur siang dalam cuaca yang sempurna, yaitu 50-90 menit. Karena diyakini bahwa jenis tidur siang ini mampu membuat tubuh mendapatkan gelombang lambat dan fase tidur REM yang baik untuk persepsi Anda dan baik untuk pertumbuhan manusia karena hormon yang akan dilepaskan.

Tidur siang sering dikaitkan dengan perasaan malas dan bosan. Namun, ini sebenarnya memiliki manfaat, itu juga bisa dilakukan dengan benar.

Asisten profesor psikologi di University of Pennsylvania di Amerika Serikat, Philip Gehrman mengatakan bahwa tidur siang tidak hanya mengurangi rasa kantuk di siang hari, tetapi dapat meningkatkan keseluruhan kinerja, kreativitas dan suasana hati.
para peneliti percaya bahwa tidur siang juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Di sisi lain, tertidur jika dilakukan pada saat yang salah bisa mengganggu proses istirahat di malam hari. Untuk ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat kebiasaan sehat ini.

Baca Juga: