Lihat Langsung Bedanya Motor Standar dan Pakai Rem ABS

Lihat Langsung Bedanya Motor Standar dan Pakai Rem ABS

Lihat Langsung Bedanya Motor Standar dan Pakai Rem ABS

Lihat Langsung Bedanya Motor Standar dan Pakai Rem ABS
Lihat Langsung Bedanya Motor Standar dan Pakai Rem ABS

Sangat ketergantungan pada keseimbangan dan tanpa dilindungi rumah-rumah bikin sepeda motor dikelilingi banyak ‘faktor X’ yang sanggup menyulut kecelakaan lalu lintas. Salah satu fitur yang dipercaya sanggup sedikit menjinakkan motor dari kecelakaan adalah teknologi Antilock Braking System (ABS).

Global NCAP, lembaga yang melakukan penilaian pada kendaraan di seluruh dunia,

menyarankan ke pemerintah Indonesia agar ABS dijadikan mandat spesifikasi motor yang dijual di dalam negeri. ABS disebut bisa menyelamatkan ribuan jiwa karena kecelakaan lalu lintas.

Mengerem mendadak pada motor bukan hal yang baik untuk dilakukan. Sebab saat itu terjadi ban bakal ikutan berhenti seketika yang kemudian membuatnya kesulitan mencari traksi dengan aspal.

Lihat juga:Sering Kecelakaan, Global NCAP Saran Motor di RI Pakai ABS
Ketika ban tidak mendapatkan traksi, terutama bila permukaan jalan licin karena pasir, air, atau minyak, maka efeknya bisa bikin setang sukar dikendalikan dan berujung kecelakaan.

ABS merupakan fitur yang berguna mencegah roda terkunci saat pengendara

mengerem mendadak. Saat aktif, komputer akan mengatur kampas rem tidak menjepit cakram terus-terusan melainkan memerintahkan kerjanya berdenyut secepat kedipan mata.

Menurut penjelasan Global NCAP, ABS bekerja secara signifikan mencegah risiko terjatuh dan juga mengurangi jarak pengereman. Cara kerja teknis ABS dijelaskan secara konstan memantau kecepatan putaran roda menggunakan sensor.

Bila putaran road terancam terkunci selama rem mendadak di permukaan licin

, maka sistem akan mengatur mengurangi tekanan pada rem. Saat ABS bekerja pengendara terbantu mempertahankan keseimbangan dan manuver motor.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/