Kutipan langsung (pendek)

 Kutipan langsung (pendek)

Sebuah kutipan disebut kutipan pendek apabila tidak lebih dari empat baris.

Ciri kutipan langsung (Pendek)

v  Diintegrasikan langsung dengan tulisan kita,

v  Diapit oleh tanda kutip, dan

v  Jangan lupa, sumber kutipan harus ada.

Contoh:

1)      kutipan yang panjangnya kurang dari dari lima baris dimasukkan kedalam teks biasa, jadi ber-spasi dua, akan tetapi diberi tanda kutip pada awal dan akhir kutipan.

    Ø Bagi  bangsa  Indonesia  demokrasi  bukanlah  suatu  yang  asing, melainkan  sesuatu  yang  sesuai  dengan  “watak  dan  peradaban  bangsa  Indonesia”.

2)      Kalau dalam kutipan itu perlu dihilangkan beberapa bagian dari kalimat, maka pada bagian itu diberi titik tiga buah, yang masing-masing berjarak dua pukulan tik.

    Ø . . . Demokrasi bagi bangsa kita bukanlah sesuatu yang baru, suatu barang impor, sebab  “ sejak beribu-ribu tahun . . . segala keputusan . . . dipungut dengan berunding . . . “[1]


  1. Kutipan langsung (Panjang)

   Ciri kutipan langsung (Panjang)

v  Dipisahkan dari teks kita dengan spasi dan besaran huruf yang lebih kecil,

v   Boleh diapit oleh tanda kutip boleh tidak, dan

v   Jangan lupa sumber kutipan harus ada.

Contoh:

Kutipan yang panjangnya lima baris atau lebih, di-tik berspasi satu dengan mengosongkan empat pukulan tik dari garis margin disebelah kiri.

Demokrasi bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat kita seperti yang dikemukakan oleh Muhammad Yamin:

Sejak beribu-ribu tahun peradaban Indonesia, maka segala putusan yang mengenai Negara dan masyarakat dipungut dengan berunding  antara anggota yang berkepentingan. Kata mupakat ialah cara pemerintah menurut watak dan peradaban bangsa Indonesia.

Perundingan itu menjamin bahwa pemerintah berjalan menurut keinginan sebanyak yang mengeluarkan suatu perimbangan dan perundingan itu sejajar dengan kelahiran adat asli  yang menghendaki mupakat . . .

Nyatalah, bahwa demokrasi bagi kita bukan barang impor, melainkan . . .  [2]

sumber :
https://www.rajanego.co.id/fishing-superstars-apk/

Author: ixa8f