Konsep Dasar Profesionalisasi Manajer Keuangan

Konsep Dasar Profesionalisasi Manajer Keuangan – Manajemen finansial adalahmenajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi finansial tersebut mencakup begaimana mendapat dana (raising of fund) dan bagaimana memakai dana itu (allocation of fund). Manajer finansial berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang pantas dari investasi pada sekian banyak aktiva dan memilih sumber-sumber dana guna membelanjai aktiva tersebut. Untuk mendapat dana, manajer keuangan dapat memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, dapat berbentuk hutang atau modal sendiri.

Manajemen finansial sebagai kegiatan pemilik dan manajemen perusahaan untuk mendapat sumber modal yang semurah-murahnya dan menggunakannya se-efektif, se-efisien, seproduktif barangkali untuk menghasilkan laba. Aktivitas tersebut meliputi:

Aktivitas Pembiayaan (Financing Activity)
Aktivitas pembiayaan merupakan kegiatan empunya dan manajemen perusahaan untuk menggali sumber modal (sumber eksternal dan internal) guna membiayai pekerjaan bisnis.

a)Sumber eksternal

Modal Pemilik atau modal sendiri (Owner Capital atau Owner Equity). Atau modal saham (Capital Stock) yang terdiri dari : Saham Istimewa (Preferred Stock) dan Saham Biasa (Common Stock).
Utang (Debt), Utang Jangka Pendek (Short-term Debt) dan Utang Jangka Panjang (Long-term Debt).
Lain-lain, contohnya hibah.

b)Sumber Internal:

Laba Ditahan (Retained Earning).
Penyusutan, amortisasi, dan Deplesi (Depreciation, Amortization, dan Deplention).
Lain-lain, contohnya penjualan harta tetap yang tidak produktif.
Aktiva Investasi (Investment activity)
Aktivitas investasi ialah kegiatan pemakaian dana menurut pemikiran hasil yang sebesar-besarnya dan resiko yang sekecil-kecilnya. Aktivitas tersebut meliputi:

a) Modal Kerja (working Capital) atau harta fasih (Current Assets).
b) Harta Keuangan (Finaceal assets) yang terdiri: investasi pada saham (stock) dan Obligasi (Bond).
c) Harta Tetap (real Assets) yang terdiri dari: tanah, gedung, peralatan.
d) Harta Tidak Berwujud (intangible assets) terdiri dari: Hak Paten, Hak Pengelolaan Hutan, Hak Pengelolaan Tambang, Goodwill.

Aktivitas Bisnis (Business Activity)
Aktivitas bisnis ialah kegiatan untuk menggali laba melewati efektivitas penjualan barang atau jasa efisiensi ongkos yang bakal mengahsilkan laba. Aktivitas tersebut dapat disaksikan dari laporan Laba-Rugi, yang terdiri dari unsur:

a)Pendapatan (sales atau Revenue)
b)Beban (Expenses)
c)Laba-Rugi (Profit-Loss)

Aktivitas Penganggaran Modal (Capital Budgeting Activity)
Penganggaran modal dipakai untuk melukiskan perbuatan perencanaan dan pembelanjaan pengeluaran modal, laksana untuk pembelian equipment baru untuk mengenalkan produk baru, dan guna memodernisasi kemudahan pabrik.

Penganggaran modal melibatkan sebuah pengikat (penanaman) dana di masa kini dengan harapan mendapat keuntungan yang dikehendaki di masa mendatang. Investasi membutuhkan duit yang relatif besar dan keterikatan dana itu dalam jangka masa-masa yang relatif panjang, serta berisi resiko. Metode-metode yang biasa digunakan ialah sebagai berikut:

a)Metode Average Rate of Return
Metode ini mengukur berapa tingkat deviden rata-rata yang didapatkan dari sebuah investasi. Angka yang dipergunakan ialah laba sesudah pajak dikomparasikan dengan total average invesment. Hasil yang diperoleh ditetapkan dalam persentase. Angka ini lantas diperbandingkan tingkat deviden yang disyaratkan, maka proyek disebutkan menguntungkan, bilamana lebih kecil daripada tingkat deviden yang disyaratkan proyek ditolak.

b)Metode Payback
Metode ini mengupayakan mengukur seberapa cepat investasi dapat kembali. Karena tersebut satuan hasilnya bukan persentase, namun satuan waktu. Kalau priode payback ini lebih pendek daripada yang disyaratkan, maka proyek disebutkan menguntungkan, sedangkan bila lebih lama proyek ditolak.

c)Metode Net Present Value
Metode ini menghitung selisih antara nilai kini investasi dengan nilai kini penerimaan-penerimaan kas bersih (oprasional maupun terminal cash flow) dimasa yang bakal datang. Bagi menghitung nilai kini tersebut butuh ditentukan terlebih dahulu tingkat bunga yang dirasakan relevan. Apa bila nilai kini penerimaan-penerimaan kas bersih dimasa yang bakal datang lebih banyak daripada nilai kini investasi, maka proyek ini disebutkan menguntungkan sehinnga diterima. Sedangkan bilamana nilainya kecil (NPV negatif), proyek ditampik karena tidak menguntungkan.

d)Metode Internal Rate of Return
Metode ini menghitung tingkat bunga yang menyamakan nilai kini investasi dengan nilai kini penerimaan-penerimaan kas bersi di waktu mendatang. Apabila tingkat bunga ini lebih banyak daripada tinkat bunga relevan (tingkat deviden yang disyaratkan), maka investasi disebutkan menguntungkan, bila lebih kecil disebutkan merugikan.

e)Metode Profitability Index
Metode ini menghitung komparasi antara nilai kini penerimaan-penerimaan kas bersih di masa datang dengan nilai kini investasi. Kalau Profitability Index (PI)-nya lebih banyak daripada 1, maka proyek disebutkan menguntungkan, tetapi bila kurang disebutkan tidak menguntungkan. Sebagaimana cara NPV, maka cara ini butuh menilai terlebih dahulu tingkat bunga yang bakal dipergunakan.

Pada dasarnya destinasi manajemen keuangan ialah memaksimumkan nilai perusahaan. Akan namun dibalik tujuan itu masih ada konflik antara empunya perusahaan dengan penyedia dana sebagai kreditur. Jika perusahaan berlangsung lancar, maka nilai saham perusahaan bakal meningkat, sementara nilai hutang perusahaan dalam format obligasi tidak terpengaruh sama sekali. Jadi dapat diputuskan bahwa nilai dari saham kepemilikan dapat adalahindeks yang tepat guna mengukur tingkat efektifitias perusahaan.

Berdasarkan dalil itulah, maka destinasi manajemen keuangan ditetapkan dalam format maksimalisasi nilai saham kepemilikan perusahaan, atau memaksimalisasikan harga saham. Tujuan memaksimumkan harga saham tidak berarti bahwa semua manajer mesti berupaya mencari eskalasi nilai saham dengan mengorbankan semua pemegang obligasi.

Sumber : https://goo.gl/e6p8DC