Karakteristik Musik Anak

Karakteristik Musik Anak

Karakteristik Musik Anak

Karakteristik Musik Anak

Ada 3 aspek penunjang utama

dalam pengembangan anak menyeluruh yaitu aspek pengembangan fisik, pengembangan sosial dan intelektual.

  1. Pengembangan fisik, pada dasarnya anak suka bergerak. Melalui kegiatan musik, dengan musik dan dalam musik terjadi gerak. Kemampuan menunjang perkembangan musik keterampilan menggunakan otot besar dan otot halus.
  2. Pengembangan aspek sosial, pada dasarnya anak merupakan makhluk sosial yang memerlukan hubungan dengan orang lain. Perkembangan sosial dapat dilakukan dalam kegiatan musik dengan kegiatan bersama dan memberikan kesempatan kepada anak mengenal keragaman budaya.
  3. Pengembangan aspek intelektual, biasanya pada satu objek dan kegiatan tingkat anak menyukai tantangan, suka pada cerita yang menarik, imajinatif, dramatis, dan fantastis mulai dapat dilatih berpikir asosiasi dan logis.

Anak mulai mengenal bilangan, hitungan, bentuk geometri serta membaca simbol, melalui kegiatan musik berupa ritme, bentuk dan syair lagu. Dalam kegiatan musik anak mengembangkan kemampuan intelektualnya.Karakteristik atau ciri khusus musik anak pada pembahasan ini ditinjau dari suara anak dan permainan musik dan yang berkaitan erat dengan kegiatan musik.

Karakter musik yang sesuai untuk dimainkan maupun dinyanyikan oleh anak memiliki batasan: mudah diingat, menarik minat anak, nyaman dimainkan dan dinyanyikan ditinjau dari segi ritme, interval, birama, perulangan, gerak, jumlah nada dan unsur,  yang mengandung sifat permainan dan komunikatif. Musik anak harus sesuai dengan perkembangan fisik yang mampu menjadikan dirinya sebagai media pengungkapan perasaan, pikiran, isi hati anak.

Karakter musik anak seyogyanya dapat ditemukan tidak hanya pada semua aspek musik tetapi juga seperti; aspek bunyi, nada, ritme, tempo dan dinamik serta ekspresi dan bentuk musik. Selain itu seyogyanya musik anak seyogyanya mampu memberikan kesempatan bagi perkembangan kreativitas berfikir dan seni (rasa keindahan) anak serta dunia anak. Berikut ini karakteristik yang sebaiknya muncul dalam musik anak adalah:

  1. Musik sesuai dengan minat dan menyatukan dengan kehidupan anak sehari-hari.
  2. Ritme musik dan pola melodinya pendek sehingga mudah diingat
  3. Nyanyian atau lagu tersebut juga harus mengandung unsur musik lainnya.
  4. Melalui musik anak diberi kesempatan pula untuk bergerak melalui musik.

Baca Juga :

Author: ixa8f