Fungsi Badan Golgi adalah

Fungsi Badan Golgi adalah

Fungsi Badan Golgi adalah

Fungsi Badan Golgi adalah

Fungsi badan golgi antara lain:

  1. Membentuk kantung-kantung atau vesikula yang berfungsi untuk sekresi. Terjadi pada sel-sel kelenjar kantung kecil, berisi enzim serta berbagai bahan-bahan lainnya.
  2. Badan golgi berfungsi guna membentuk membran plasma. Membran golgi atau vesikula sama seperti membran plasma. Kantung-kantung yang dilepaskan menjadi bagian dari membran plasma.
  3. Membentuk dinding sel pada tumbuhan.
  4. Membentuk akrosom pada spermatozoa, berisi enzim untuk memecah dinding sel telur serta untuk pembentukan lisosom.
  5. Tempat yang berfungsi memodifikasi protein.
  6. Guna menyortir serta memaket molekul-molekul yang berfungsi untuk sekresi sel.

Dalam badan golgi terdapat

berbagai variasi coated vesicle, sebagai berikut :

Clathrin-coated ialah yang pertama yang ditemukan dan diteliti. Clathrin-coated tersusun dari clathrin dan juga adaptin. interaksi lateral antara adaptin dengan clatrin untuk membentuk formasi tunas. Apabila tunas clathrin tersebut sudah tumbuh, protein yang larut di dalam sitoplasma termasuk diantaranya dynamin akan membentuk sebuah cincin di setiap leher tunas dan juga memutusnya.  

COPI-coated memaket tunas dari bagian pre-golgi serta antar cisternae. Beberapa dari protein COPI-coat memperlihatkan sekuens yang memiliki kemiripan dengan adaptin, hal tersebut dapat di duga berasal dari evolusi yang bermiripan. COPII-coated memaket tunas dari RE.

Terdapat 2 protein di dalam badan golgi.

T-snare merupakan protein yang terdapat di target sedangkan V-snare merupakan vesikel snare. V-snare mencari T-snare, lalu berfusi menjadi satu. Protein Rab termasuk ke golongan GTP-ase. Protein Rab berfungi untuk memudahkan serta mengatur kecepatan pelayaran vesikel dan juga pemasangan v-snare dan T-snare yang digunakan pada penggabungan membran.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/