Doa Sapu Jagat

doa sapu jagat

Doa Sapu Jagat paling umum dibaca oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Riad Sholihin dari Imam Nawawi, Kitab Ad Da’awaaat (Koleksi Buku Doa ke-16), Bab 250. Keutamaan Doa

Hadis # 1467

وعن أنس رضي الله عنه قال: كان أكأر دعاء النبي صلصاله عليه وسلم: الهم آتنا في الدنياحسن في

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa sholat yang paling umum dibaca oleh Nabi Shallallahu’ alaihi wa sallam adalah: “ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR Beri kami yang baik di dunia dan kebaikan di akhirat dan menyelamatkan kita dari siksaan neraka. “(Muttafaqun ‘alayhi) [HR. Bukhari, 8: 187 & amp; 188; Muslim, tidak. 2690]

Doa di atas sama dengan doa dalam ayat,

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

ROBBANAA AATINAA FID DUNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Dengan kata lain: Ya Allah, beri kami hal-hal baik di dunia, berikan hal-hal baik di akhirat dan lindungi kami dari siksaan neraka. (Surat al-Baqarah: 201)

Penjelasan Hadits

Imam Muslim menambahkan dalam ceritanya: “Jika Anas radhiyallahu ‘anhu ingin berdoa, dia akan berdoa dengan doa ini, dan jika dia ingin berdoa dengan doa lain, dia juga akan menambahkan doa.” 2690)

Ibn Hajar rahimahullah berkata, “Baik nabi maupun orang saleh tidak berdoa, tetapi mereka mengucapkan doa ini.” (Fath Al-Bari, 2: 322)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Doa sapu alam semesta berisi permohonan kebaikan di seluruh dunia dan dijauhi oleh segala keburukan.” Yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah bantuan kesehatan, rumah yang luas, seorang wanita kebaikan, kekayaan yang besar, pengetahuan yang berguna, perbuatan baik, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik dan kebaikan lainnya dengan berbagai ekspresi komentator. Apa yang dikatakan para komentator tentang para komentator tidak saling bertentangan. Semua yang terbaik di dunia terkandung dalam doa.

Kebaikan di akhirat, yang diperlukan dalam doa ini, tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yang dibawa ke surga, bebas dari kekhawatiran (kecemasan), diberi kemudahan perhitungan (perhitungan perbuatan) di akhirat dan berbagai kebaikan lain dari akhirat.

Petisi untuk diselamatkan dari penderitaan neraka menyiratkan permintaan untuk dibebaskan dari berbagai sebab yang telah jatuh ke neraka dengan dijaga dari berbagai tindakan yang melanggar hukum dan berdosa, dan menerima instruksi bahwa Biarkan segala sesuatunya dalam keraguan (yang masih kabur). abu-abu) dan hal-hal yang ilegal. “(Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 122)

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan tentang makna doa: “Pandangan yang lebih akurat tentang interpretasi ‘baik di dunia’ adalah ibadah dan ‘afiyah (kesehatan).’ Kebaikan di akhirat ‘adalah surga dan pengampunan Allah Para sarjana yang mengatakan bahwa kebaikan pada umumnya baik untuk dunia dan akhirat. “(Syarh Shahih Muslim, 17:13)

Keuntungan Hadis

  • Disarankan untuk melipatgandakan doa ini, karena ini adalah doa singkat dengan beberapa Lafazh, tetapi sudah berisi permintaan untuk kebaikan dunia dan akhirat.
  • Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagian besar menggunakan doa ini, dan ini diambil dari ayat tersebut. Doa ini adalah konten yang solid, termasuk doa dalam semua, dalam permintaan pertolongan sedunia, pertolongan di belakang, dan diselamatkan dari siksaan neraka.
  • Para sahabat Radhiyallahu ‘anhum spirit untuk menegakkan dan menerapkan Sunnah Nabi Shallallahu’ alaihi wa sallam.

Sumber Referensi : https://waheedbaly.com/

Baca Juga :