Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris

Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris

Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris

Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris
Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris

Sejak bergabung dengan Uni Eropa, tentunya membuat Inggris harus melakukan penyesuaian terhadp kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam Uni Eropa. Selama menjadi anggota Uni Eropa tersebut, Inggris mendapat berbagai keuntungan, seperti penghapusan hambatan perdagangan, juga kemudahan dalam melakukan ekspor dan impor di kawasan Eropa. Meskipun demikian, keuntungan tersebut tidak mendapat persetujuan dari  semua pihak yang berkepentingan di Inggris. Selain itu, Inggris juga mendapat kerugian dari kebijakan-kebijakan Uni Eropa tersebut, salah satunya adalah permasalahan imigran. Inggris merasa bahwa imigran di Inggris sudah melebihi batas yang seharusny. Permasalahan imigran tersebutlah menjadi salah satu alasan terbesar Inggris untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Hardi dan Virginia, 2018).

Dalam hal ini, keputusan Inggris untuk dapat keluar dari Uni Eropa berakhir pada 29 Maret 2019 lalu. Namun sayangnya, RUU yang diajukan oleh PM Inggris, Theresa May, selalu ditolak oleh parlemen Inggris. RUU Brexit perlu disahkan menjadi Undang-undang (UU) agar proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa berjalan lancar

Akibat dari gagalnya untuk menghasilkan kesepatakan dalam mengantarkan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa tersebut membuat Perdana Menteri Inggris, Theresa May berencana untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Theresa May memutuskan untuk mengundurkan diri jabatan perdana menteri dan pemimpin Partai Konservatif pada 7 Juni 2019. Ia merasa bahwa merasa menyesal karena tidak mampu untuk mewujudkan Brexit dan merasa bahwa pemilihan perdana menteri yang baru merupakan langkah yang terbaik bagi Inggris. Pengunduran diri Theresa May tersebut tentunya membawa dampak bagi sejumlah aspek kehidupan di Inggris, termasuk hubungan luar negeri Inggris. Terkait dengan hal tersebut, makalah ini akan membahas tentang dampak dari pengunduran diri PM Inggris, Theresa May, terhadap hubungan luar negeri Inggris.

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/blocklauncher-pro-apk/

Author: ixa8f