Contoh Riset Pemasaran

Contoh Riset Pemasaran

Contoh Riset Pemasaran

  • Riset tetang barang Produksi

Perekonomian suatu Negara dikatakan berorentasi pada pembeli/langganan, apabila para langganan mempunyai banyak elternatif barang produksi untuk dipilih/dibeli. Sehingga dengan demikian pihak produsen agar bertahan untuk hidup harus memprodusir mutu jenis barang yang memenuhi keingginan para langgananya sebagai anggota masyarakat.


  • Macamm-macam data pemasaran dalam menetukan kebiajakan produksi

Banyak sekali data tentang pemasaran yang diperlukan oleh pimpinan suatu perusahaan sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan di dalam bidang produksi, baik mengenai teknik berproduksi maupun penyaluran kepasar-pasar. Data-data itu adalah sebagai berikut :


  • Data hasil penjualan

Time series sales data yaitu data mengenai hasil penjualan yang terus-menerus atau dari waku-kewaktu dikumpulkan sangat penting bagi seorang pimpinan perusahaan, baik yang menyangkut data primer yang dikumpulkan oleh perusahaan sendiri maupun yang dikumpulkan oleh pihak lain sebagai data skunder.


  • Data tentang konsumen

Perubahan selera dari pihak masyarakat pembeli mengharuskan diadakanya perubahan jenis barang produksi. Data tentang konsumen, untuk mengetahui karesteristik dari pihak masyarakat pembeli memang sangat penting dan hanya bisa diperoleh kalu diadakan penyedikan terhadap msyarakat.


  • Analisa Pasar

Analisa pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang dimaksud dengan potensi pasar ialah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap barang produksi. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang, atau bisa juga dalam bentuk persentase.

  • Analisa Penjualan

Arti analisa penjualan didalam pembahasan ini ialah analisa sungguhan dari hasil penjualan. Tujuan analisa ialah untuk mencari daerah-daerah yang kuat dan yang lemah, jenis-jenis produk yang sangat menguntungkan dan kurang menguntungkan para pelanggan/nasabah yang mampu membeli dalam jumalah banyak.

  • Riset Tentang Motivasi

Tujuan utama dari riset motivasi ialah untuk membantu menentukan alas an-alasan mengapa para pembeli membeli suatu produk merk tertentu akan tetapibukan merk yang lain.


Sumber: https://thephotograph.co.id/flick-shoot-apk/