CONTOH KONFLIK SOSIAL DI INDONESIA

CONTOH KONFLIK SOSIAL DI INDONESIA

CONTOH KONFLIK SOSIAL DI INDONESIA

CONTOH KONFLIK SOSIAL DI INDONESIA

Indonesia yang merupakan negara dengan beribu – ribu pulau di dalamnya, dengan masyarakat yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan bahasa di berbagai daerah serta  ke khasan masing – masing daerah dengan sumber daya alam yang melimpah. Berikut beberapa contoh konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia.

Konflik sosial terjadi di Sumatra Utara

yaitu konflik sosial antara suku Aceh dengan suku Batak, kedua suku tersebut memiliki agama yang berbeda yang menyebabkan perpecahan antar kelompok di suatu wilayah atau masyarakat. Suku Aceh yang beragama Islam dan Suku Batak yang beragama Kristen menyebabkan permasalahan sosial tentang agama.

Konflik sosial terjadi di Lampung yaitu konflik sosial terjadi antara suku lampung dengan suku bali, konflik yang terjadi antara dua suku tersebut di sebabkan karena permasalahan sosial terutama di sebabkan oleh permasalahan ekonomi yang terjadi antara dua wilayah tersebut, hal ini dapat di cegah dengan saling toleransi antar kelompok di masyarakat.

Konflik sosial terjadi di papua yaitu konflik sosial antar suku di papua yang merebutkan kekuasaan, hal tersebut dapat terjadi karena eksistensi rasa ingin tau dari suku di papua tersebut sangat tinggi menimbulkan konflik antar suku merebutkan kekuasaan dan wilayah untuk kepentingan pribadi, hal itu perlu dicegah karena dapat membahayakan satu sama lain.

Konflik sosial terjadi di lampung tengah yaitu konflik sosial di indonesia terjadi antar suku jawa dengan lampung yang di sebabkan karena perbedaan antar suku jawa dan suku lampung yang membahayakan warga sekitar terutama pendatang. Suku lampung berusaha untuk membakar rumah warga dan pembunuhan pada warga sekitar.


Baca Juga :

Author: ixa8f