Cara Mengatasi Ambeien

Wasir atau yang biasa dikenal dengan ambeien adalah radang pada pembuluh darah di daerah anus. Nodus wasir dapat tumbuh di dalam saluran anus (wasir internal) atau di luar anus (wasir eksternal). Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang wasir internal.

Apa itu wasir eksternal?
Menurut dr. Michael Valente, seorang ahli bedah kolorektal di Klinik Cleveland, wasir eksternal adalah benjolan atau benjolan yang diisi dengan pembuluh darah yang meradang di bawah permukaan kulit anus.

Cara Mengatasi Ambeien

Pembuluh darah di anus dapat meregang dan menjadi teriritasi sehingga membengkak seperti benjolan.

Wasir jenis ini akan mudah terlihat dari luar hingga ke mata telanjang. Awalnya bentuk wasir kecil ini tidak terlihat. Tetapi lebih meradang, nodul bisa menjadi lebih besar dan kemerahan, dan bahkan lebih menyakitkan.

Wasir eksternal umumnya disebut sebagai skin tag.

Apa yang membuat wasir tumbuh?
Wasir luar adalah benjolan dari vena yang berada di luar anus. Ada beberapa penyebab wasir eksternal atau wasir, mulai dari gaya hidup hingga kondisi dan penyakit tertentu.

1. Tidak ada terlalu kuat saat buang air besar
Wasir biasa disebabkan oleh kebiasaan terlalu berisik saat buang air besar. Kebiasaan ini sering diambil oleh orang yang menderita sembelit. Kotoran keras dan padat akan sulit untuk dihilangkan, sehingga mereka membutuhkan dorongan dan energi tambahan saat tidak ada.

Pembengkakan yang terlalu kuat dapat meningkatkan aliran darah ke anus. Jika Anda terlalu sering absen, aliran darah akan tersumbat kembali dan dikumpulkan di area wasir sehingga bisa membengkak. Akibatnya adalah mungkin untuk mendapatkan wasir di luar jika sembelit sering terjadi.

2. Kehamilan
Pendarahan eksternal juga dapat terjadi selama kehamilan karena rahim dan berat bayi terus menekan panggul. Berat ekstra ini juga dapat menekan vena cava inferior.

Vena cava inferior adalah pembuluh besar yang terletak di sisi kanan tubuh. Tugasnya adalah membawa darah dari tubuh bagian bawah untuk kembali ke jantung. Jika pembuluh darah inferior dihancurkan, aliran darah ke jantung akan terganggu. Ini menyebabkan pembuluh darah melebar di bawah rahim, termasuk pembuluh darah di anus.

3. Mengangkat benda terlalu berat
Mengangkat benda berat seperti sofa, galon air atau bahkan nasi terlalu sering dapat menyebabkan pembuluh darah di anus Anda membengkak.

Pengangkatan benda berat meningkatkan tekanan di perut sehingga kondisinya mirip seolah-olah itu tegang. Efeknya sama. Darah dapat menumpuk di area wasir untuk membentuk wasir eksternal.

4. Usia
Salah satu penyebab wasir adalah penuaan. Pembuluh darah bisa rileks, meregang dan menjadi longgar saat usia bertambah. Termasuk pembuluh di sekitar dubur dan anus, akibat pembuluh darah. Akhirnya, ini membuat area di sekitar dubur rawan membengkak dan bertabrakan. Tidak mengherankan, wasir eksternal lebih sering terjadi pada orang berusia 45 hingga 65 tahun.

Apa saja gejala wasir eksternal?
Ada berbagai gejala yang muncul ketika wasir tumbuh di luar. Gejalanya cenderung bervariasi tergantung pada tingkat keparahan wasir.

Berikut adalah gejala wasir eksternal yang harus Anda ketahui:

Gatal di sekitar anus atau daerah dubur
Nyeri atau nyeri di sekitar anus
Benjolan di dekat atau di sekitar anus yang mungkin membengkak atau tidak
Noda darah muncul pada pakaian dalam, celana panjang, rok atau bangku karena pecah wasir
Anda mungkin melihat noda darah pada kain setelah membersihkan anus
Dalam beberapa kasus, benjolan wasir eksternal dapat berupa kelebihan daging atau jaringan kulit yang menggantung dari saluran anus. Ini disebut tag kulit. Sisa jaringan disebabkan oleh benjolan yang sembuh dan sembuh, sedangkan sisa kulit dari bekuan darah tidak dapat menyusut atau menghilang.

Tag kulit dapat menyebabkan tinja menempel di sekitar lubang. Jika tidak dibersihkan dengan benar, hal itu dapat memicu risiko infeksi kulit di sekitar anus.

Bagaimana cara mengobati wasir eksternal?
Perubahan gaya hidup
Wasir eksternal umumnya dapat menyembuhkan diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan di rumah agar gejala wasir eksternal tidak bertambah buruk:

Gunakan krim dan salep topikal yang mengandung hidrokortison untuk mengobati wasir eksternal.
Paket panas dapat dilakukan di dekat titik munculnya wasir. Kompres dapat membantu meringankan pembengkakan wasir.
Mandi air panas dapat membantu meringankan pembengkakan dan gatal saat wasir.
Minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan parasetamol untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di anus.
operasi
Kalau itu butuh banyak waktu

Baca Juga ;