Campuran Pengisi Geotube

Campuran Pengisi Geotube

Campuran Pengisi Geotube

Campuran Pengisi Geotube

Tanah yang non kohesif akan lebih mudah

tererosi karena daya tarik antar butiran tanahnya sangat lemah. Disinilah kelebihan geotube terlihat. Kemampuannya dalam menahan butiran tanah bahkan yang non kohesif sehingga tidak tersapu arus permukaan, menjadikan geotube salah satu solusi penanggulangan erosi.
Selain penggunaan tanah yang non kohesif sebagai bahan pengisi, tentunya tanah yang mudah didapat dan murah menjadi pilihan yang sangat baik, terutama di Indonesia yang sangat mudah untuk memperoleh tanah jenis lumpur dan lanau.
Terkadang pemakaian campuran beton dan mortal juga di gunakan terutama bila tube ditempatkan pada lokasi yang besar kemungkinan akan mengalami benturan seperti pemakaian geotube sebagai jetty. Tentunya dari segi biaya tidak dapat dilihat semata – mata dari bahan pengisi yang digunakan, keefektifan untuk memperoleh material pengisi juga mempunyai pengaruh yang signifikan.

Salah satu contoh kasus pengambilan bahan material pengisi yang efektif dapat dilihat pada instalasi geotube di Cameron Highland, Malaysia. Bahan lumpur dikeruk langsung dari sungai yang langsung berbatasan dengan lokasi instalasi.


Baca Juga :

Author: ixa8f