Berbagai Penyebab Diabetes Tipe 2

diabetes

Diabetes tipe 2 memiliki beberapa penyebab, tetapi genetika dan gaya hidup adalah faktor utama. Kombinasi faktor-faktor ini dapat menyebabkan kekebalan insulin di mana tubuh tidak dapat melakukan fungsi insulin sebagaimana mestinya. Resistensi insulin adalah penyebab utama diabetes tipe 2.
Apa genetika diabetes tipe 2?

Diabetes tipe 2 adalah keturunan. Ini tidak berarti Anda akan mengalami diabetes tipe 2 jika ayah atau ibu Anda mengalaminya. Sebaliknya, ini berarti bahwa Anda memiliki lebih banyak kemungkinan tertular penyakit.


Penelitian

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekelompok orang berisiko terkena diabetes tipe 2, tetapi masih sulit untuk menentukan gen mana yang membawa warisan penyakit ini. Komunitas medis masih bekerja keras untuk menemukan kemungkinan mutasi genetik yang menyebabkan risiko diabetes tipe 2.
Gaya hidup apa yang menyebabkan diabetes tipe 2?

Gen memainkan peran dalam diabetes tipe 2, tetapi gaya hidup juga penting. Anda mungkin memiliki peluang yang memungkinkan penyakit berkembang di dalam tubuh Anda, tetapi jika Anda merawat dan menjaga tubuh Anda dengan baik, Anda juga dapat menghindari diabetes.

Misalkan ada dua orang yang memiliki mutasi genetik yang sama. Salah satu dari mereka memiliki diet yang sehat, mempertahankan kadar kolesterol dan menjaga kebugaran fisik sementara yang lain mengalami obesitas (BMI> 25) dan juga malas. Orang yang kelebihan berat badan dan malas sangat mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 karena pilihan hidup sangat mempengaruhi cara tubuh bekerja pada insulin.

Gaya hidup yang dapat mempengaruhi diabetes tipe 2 meliputi:

Jarang berolahraga: aktivitas fisik memiliki banyak keuntungan. Contoh di atas menunjukkan bahwa meskipun Anda rentan terhadap penyakit, Anda sebenarnya dapat menghindari diabetes tipe 2 jika gaya hidup Anda sehat.

Pilihan makanan yang tidak sehat: makanan tinggi lemak dan kekurangan serat (yang dapat diperoleh dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan) akan meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Kegemukan / obesitas: kurang olahraga dan pilihan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan obesitas atau lebih buruk. Kelebihan berat badan memungkinkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan menyebabkan berbagai penyakit lainnya.
Resistensi insulin

Kombinasi genetika bawaan dan gaya hidup dapat menyebabkan resistensi insulin. Apalagi jika tubuh Anda kebal terhadap insulin (kebal), yang artinya tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.
Tubuh Anda dapat menghasilkan cukup insulin untuk mentransfer glukosa ke dalam sel-sel tubuh, tetapi sayangnya tubuh Anda menolaknya.

Glukosa terakumulasi dalam darah ketika Anda kebal dari insulin dan ini dapat memicu gejala yang terkait dengan diabetes tipe 2.
Pada diabetes tipe 2, genetika dan gaya hidup memainkan peran dalam menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

Baca Juga: