Baru 80 Persen Perguruan Tinggi Di Jabar Ajukan Akreditasi

Baru 80 Persen Perguruan Tinggi Di Jabar Ajukan Akreditasi

Baru 80 Persen Perguruan Tinggi Di Jabar Ajukan Akreditasi

Baru 80 Persen Perguruan Tinggi Di Jabar Ajukan Akreditasi
Baru 80 Persen Perguruan Tinggi Di Jabar Ajukan Akreditasi

Lembaga Layanan DIKTI (LLDIKTI) Wilayah 4 Jabar dan Banten menghadiri acara Seminar Nasional yang digelar Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) Jawa Barat. Acara digelar di Aula Kampus I Unswagati Cirebon, Rabu (12/9).

Kepala LLDIKTI Wil 4 Jabar-Banten Uman Suherman memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seminar Nasional bertajuk ‘Peran Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten Dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi Di Jawa Barat’.

“Saya mengucapkan selamat kepada ABP PTSI yang telah menghimpun kekuatan, nafas, tenaga untuk kebaikan kita semua,” ungkap Uman Suherman usai seminar.

Menurutnya, kegiatan Seminar Nasional yang dirangkai pula dengan Rakerda ABP-PTSI Jawa Barat ini sangat penting dalam memfasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik bagi Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Ciayumajakuning maupun di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Uman mengemukakan, perkembangan Perguruan Tinggi di bawah binaan dan pengawasan LLDIKTI Wil 4 Jabar-Banten mengalami peningkatan. Tak hanya dari sisi pengelolaan penyelenggaraan, tetapi juga pengembangan visi institusi lembaga penyelenggara.

“Karena bagaimana pun untuk yang pertama arah kebijakan Perguruan Tinggi Swasta itu ada di Yayasan Penyelenggara,” ujarnya.

Indikasi perbaikan, lanjutnya, dapat dilihat dari sisi orientasi penyelenggaraan

pendidikan. Sekarang, perguruan tinggi tidak saja berorientasi pada peningkatan jumlah peserta didik secara kuantitas, melainkan juga peningkatan mutu yang dibuktikan dengan kualitas SDM serta upaya akreditasi.

“Dan sekarang saya lihat sudah bagus, sehingga orientasinya bukan berapa jumlah mahasiswa yang ada, tapi orientasinya bagaimana mutu yang perlu ditingkatkan dalam sebuah PTS itu. Dan itu terindikasi dengan akreditasi yang kita peroleh semakin tahun semakin meningkat dalam catatan LLDIKTI,” paparnya.

Khusus di Jawa Barat dalam upaya pemenuhan standar pelayanan pendidikan,

hampir seluruh Perguruan Tinggi telah mendaftarkan diri untuk dilakukan akreditasi.

“Dari 302 ini (total PT se Jabar), 80 persen sudah mengajukan akreditasi,” sebutnya.

Pelaksanaan Akreditasi itu pun berproses karena dibutuhkan persiapan yang matang. Tak terkecuali di Jawa Barat, ada pembinaan dan pengawasan yang bisa dilakukan antar perguruan tinggi, sebelum dilakukan akreditasi oleh LLDIKTI.

“Di Jawa Barat itu dibangun dengan sebuah pemikiran bahwa jadi orang baik itu

bagus, tapi lebih bagus mengajak kebaikan. Makanya dalam PTS di Jawa Barat dimunculkan kampus binaan, yang akreditasinya unggul membina kampus menjadi unggul dan yang baik sekali membina yang baik menjadi baik sekali,” tuturnya.

Jumlah Perguruan Tinggi se-Jawa Barat-Banten, kata Ia, sekitar 480 Perguruan Tinggi. LLDIKTI mencanangkan di tahun 2019 agar semua perguruan tinggi bisa selesai terakreditasi.

 

Sumber :

https://dogetek.co/sejarah-hari-pramuka-14-agustus/