Apa itu virtual sim card?

Apa itu virtual sim card?

Apa itu virtual sim card

Wiko resmi meluncurkan smartphone seri Tommy 3 yang mengusung teknologi virtual sim card pertama di Indonesia dengan menggandeng perusahaan solusi akses internet Skyroam SIMO.

Teknologi virtual sim card memungkinkan smartphone terhubung ke internet tanpa perlu sim card dan wifi.

Skyroam SIMO akan secara otomatis mencari jaringan 4G paling stabil dan terbaik

dimanapun lokasi pengguna berada bahkan hingga 130 negara di dunia,

“Kami membuat aplikasi yang disebut SIMO. Sebelumnya kita harus memasukkan sim card milik opertator, namun kini dengan aplikasi SIMO bisa tinggal klik langsung terhubung dengan internet,” ujar CEO Skyroam, Jing Liu, dalam peluncuran Wiko di Jakarta, Kamis.

Dalam virtual sim card, SIMO memiliki dua proses yaitu rsim dan vsim.

Dalam proses rsim, SIMO memiliki server yang berisi sim bank di mana didalamnya telah

menyimpan “sim card” dari operator-operator Indonesia yang telah bekerja sama, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL dan Smartfren.

Ketika pengguna memencet tombol “conect” pada aplikasi SIMO, server yang berisi sim bank tersebut akan mengidentifikasi perangkat yang digunakan, di mana SIMO hanya dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan chipset Mediatek, yang telah bekerjasama dengan SIMO.

Selanjutnya, terjadi proses vsim di mana ponsel terkoneksi ke tower BTS operator terdekat

yang memiliki sinyal 4G paling stabil.

“Yang kami lakukan adalah transfer data, dari sim bank kami ke perangkat, kemudian perangkat terkoneksi ke tower, proses ini yang kami sebut virtual sim card,” ujar Operating Director of Phone and iOT BU Skyroam, Lloyd.

 

sumber :

https://how.co.id/seva-mobil-bekas/

Author: ixa8f