4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi

4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi

4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi

 

4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi
4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi

Linux itu gratis dan open source, karenaya banyak pengembang yang membuat distro linux untuk tujuan yang sangat spesifik. Salah satunya adalah untuk melindungi keamanan dan privasi pengunanya. Distro linux yang khusus untuk keamanan dan privasi ini tidak terlalu banyak jumlahnya.

Jika anda adalah orang yang sangat menginginkan keamanan ketika menggunakan komputer dan sangat mengedepankan privasi, maka anda wajib mencoba 5 OS dibawah ini.

Tails

Tahu Edward Snowden kan? Orang yang membocorkan data-data sensitif milik NSA kepada publik tersebut, ternyata menggunakan distro Tails. Tails adalah kepanjangan dari The Amnesiac Incognito Live System.

Kenapa Snowden menggunakan Tails? Sederhana sekali, karena Tails adalah distro

linux yang dikembangkan khusus untuk keamanan dan privasi penggunanya. Kalau orang sekela Snowden saja menggunakan Tails, anda tidak perlu lagi mempertanyakan kualitas distro yang satu ini.

Qubes OS

Para pengembang Qubes OS sangat peduli dengan keamanan dan privasi, terutama untuk kamu yang sering keluyuran di dunia maya. Cara kerja Qubes OS sangat unik, dimana setiap aplikasi akan berjalan didalam sebuah kompartemen terisolasi yang disebut dengan “qubes”.

Kamu bisa mengatur dan membuat banyak “qubes”, yang masing-masing bisa digunakan untuk berbagai macam hal berbeda. Qubes untuk kamu menjalankan pekerjaan, qubes untuk browsing, dan lain-lain.

Ipredia OS

Cara kerja Ipredia OS hampir mirip dengan Tails, yaitu akan membuat kamu

terlihat anonim ketika mengunjungi sebuah website. Dengan begitu, para pemilik website nakal tidak bisa menyimpan aktivitas kamu ketika mengunjungi websitenya.

Dengan Ipredia OS, kamu bisa langsung mengunjungi deep dan dark web tanpa perlu konfigurasi khusus lagi. Intinya, Ipredia OS adalah OS yang sudah tinggal pakai.

Whonix

Whonix menggunakan jaringan TOR untuk mengamankan data-data kamu ketika

berselancar di dunia maya. Uniknya, Whonix tidak bisa kamu install di hard disk ataupun menggunakan Live CD-nya. Whonix di desain agar hanya bisa digunakan didalam virtualbox.

Nah, itu dia 4 distro linux yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi kamu ketika menggunakan komputer. Tertarik untuk mencobanya?

Sumber:

https://galleta.co.id/lightx-pro-apk/